Gibran Soal Pelecehan Seksual Personel JKT 48: Protesnya Ke Saya Semua!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku mendapat protes dari banyak pihak soal kasus pelecehan seksual yang dialami personel JKT48 saat konser di The Park Mall Solo Baru, Sukoharjo.

 Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Kecamatan Jebres, Senin (13/6/2022). (Espos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Kecamatan Jebres, Senin (13/6/2022). (Espos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan tidak ada maksud menjelek-jelekkan daerah lain terkait klarifikasinya mengenai kasus pelecehan seksual terhadap personel JKT48 yang disebut terjadi di Solo.

Gibran mengaku hanya ingin meluruskan informasi yang sebenarnya karena bagaimana pun Solo juga kena imbasnya. Padahal Solo bakal menjadi tuan rumah beberapa event, termasuk event internasional Juli 2022.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Dampak ke Solo protes ke aku kabeh [protesnya ke saya semua]. Kapok ngundang JKT48 ke Solo. Lha masa aku enggak klarifikasi. Kan Solo jadi tuan rumah berbagai event,” katanya ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Senin (4/7/2022).

Gibran mengaku sangat berhati-hati dalam menanggapi kejadian tersebut. “Hati-hati sekali. Kalau saya enggak klarifikasi, nanti ada yang bilang ‘oh kejadian di Solo Wali Kotanya meneng wae ada kejadian itu’,” tambahnya.

Sebelumnya, melalui akun Instagramnya, @gibran_rakabuming, Minggu (3/7/2022), Gibran memberikan klarifikasi dan meluruskan bahwa peristiwa pelecehan seksual yang dialami personel JKT48 itu terjadi bukan di mal Kota Solo, melainkan Sukoharjo.

Baca Juga: Geramnya Gibran Soal Pelecehan Seksual JKT 48: The Park Itu Bukan Solo!

“The Park Mall itu Sukoharjo, bukan Solo!” tulis Gibran di unggahan akun Instagramnya tersebut. Ada tiga unggahan Gibran dengan materi yang sama. Ketiganya mencantumkan artikel berjudul “Tur JKT48 Di Solo Tercoreng Insiden Pelecehan Saat Menuju Pulang.” Artikel itu diambil Gibran dari akun Instagram @lokalconnect.

Dalam artikel itu diinformasikan kejadian pelecehan seksual terhadap personel JKT48 itu terekam oleh salah satu pengguna Tiktok. Disebutkan bahwa dalam video itu tampak salah satu penonton menyodorkan tangannya ke arah bagian dada personel JKT 48 saat tur Kota Solo, 28 Juni lalu.

“Hal ini menjadi perhatian saya, lantaran beberapa waktu belakangan group JKT48 diduga mengalami pelecehan seksual saat konser di mall yang menurut judul artikel terjadi di Solo,” tulis Gibran di unggahan akun Instagramnya.

Baca Juga: Wikipedia Sebut Persis Solo Fans JKT48, Dibajak?

“Namun sebenarnya kejadian tersebut bukan di mall Solo, namun pusat perbelanjaan di Kabupaten Sukoharjo @pemkabsukoharjo. Tentu bagaimana pun, perbuatan ini tidak bisa dibenarkan,” lanjutnya.

Gibran berharap kejadian serupa tidak terjadi di daerah-daerah lain. Sementara itu, berdasarkan pengamatan Solopos.com di akun Instagram @lokalconnect, unggahan berisi artikel mengenai kasus pelecehan yang dialami JKT48 di The Park Mall sudah tidak ada.

Namun, akun tersebut pada Minggu mengunggah klarifikasi dari Gibran disertai tanggapan mengenai klarifikasi tersebut. Disertakan pula jadwal tur JKT48 yang menyebutkan acara berlangsung di The Park Solo.

Baca Juga: Shania, Artis Kelahiran Solo yang Pernah Jadi Anggota JKT48

Sementara itu, klarifikasi Gibran mengenai lokasi kejadian pelecehan seksual anggota JKT48 ini mendapat respons dari netizen di wilayah Sukoharjo. Beberapa netizen menyindir Gibran seolah hanya mau mengklaim hal-hal yang baik saja.

“Ealah giliran ngene bukan solo. Pokoke nek elek elek sukarjo,” tulis pengguna akun @pandulukma****** di kolom komentar unggahan akun Instagram @infocegatansukoharjo, Minggu.

“Tpi kalau yg bagus” gpp yow pak koyo UMS…bandaran adi sumarmo gitu,” tulis pengguna akun @andriyans******* di unggahan yang sama.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Cek! Jadwal KRL Solo-Jogja Sampai ke Palur mulai 17 Agustus 2022

      Inilah jadwal terbaru KRL Solo-Jogja sampai ke Stasiun Palur yang mulai dicoba hari ini, Rabu (17/8/2022).

      Upacara Kemerdekaan di Sriwedari, Gibran Targetkan Percepatan Vaksinasi

      Rangkaian upacara ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Komandan Upacara dijabat oleh Kapten Kal. Prasetio sedangkan Perwira Upacara diemban Kapten Lak. Widayat.

      Begini Cara Warga Jambeyan Sragen Sambut HUT RI

      ada enam pencinta alam mengajak tiga anak untuk bertadabur alam dalam mensyukuri nikmat kemerdekaan pada malam menjelang HUT RI di Bukit Tuk Kungkung

      Bawaslu Wonogiri Ingatkan Kades Tak Ikut Urusi Parpol

      Bawaslu Wonogiri mengindikasikan ada kepala desa (Kades) yang masuk dalam kepengurusan partai politik (Parpol).

      Catat, Besok Jl Lawu Papahan Karanganyar Ditutup Sementara, Ada Apa?

      Penutupan akan dimulai sekitar 12.30 WIB, menyesuaikan dengan persiapan dimulainya pawai karnaval, hingga selesai.

      Tumpeng hingga Miniatur Pesawat Diarak Warga Jatikuwung Karanganyar

      Warga antusias mengikuti upacara tersebut setelah dua tahun tak digelar karena pandemi Covid-19

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 17 Agustus 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Rabu (17/8/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Begini Cara Komunitas Difabel Ampel Boyolali Tingkatkan Pede Anggota

      Tujuannya dibentuk KDA adalah merangkul difabel agar selalu berkarya dan bermanfaat untuk orang lain.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 17 Agustus 2022, Bebas Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Rabu (17/8/2022), akan bebas dari hujan.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar 17 Agustus 2022, Merdeka dari Hujan

      Anda bisa merayakan momen HUT RI pada hari ini, Rabu (17/8/2022), tanpa khawatir hujan mendadak turun.

      Cuaca Boyolali Rabu Ini: Cerah Berawan di Hari Kemerdekaan RI

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Rabu (17/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Cuaca Sukoharjo Rabu Ini: Cerah Ceria di Perayaan HUT Ke-77 RI

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Rabu (17/8/2022).

      HUT RI, Ponpes Al Mukmin Ngruki bakal Kibarkan Bendera dari Danrem

      Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Achirudin menyerahkan bendera Merah Putih secara simbolis kepada Ustaz Abu Bakar Ba'asyir, Selasa (16/8/2022).

      Seorang Pria Tertabrak Kereta Api di Perlintasan Gemolong Sragen

      Seorang pria paruh baya meninggal dunia Selasa (16/8/2022) setelah ditabrak KA di perlintasan di Desa Kwangen, Kecamatan Gemolong, Sragen.

      Gerebek Rumah Lokalisasi Ilegal di Pedan Klaten, 5 Orang Ditangkap

      Personel gabungan Satpol PP dan Damkar, Polres Klaten, serta Kodim 0723/Klaten menggerebek sejumlah rumah yang diduga menjadi lokalisasi ilegal di Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten, Selasa (16/8/2022) siang.