SOLOPOS.COM - Bus melintasi ribuan motor CB yang terparkir di area Terminal Tirtonadi, Solo, Minggu (26/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyiapkan enam kantong parkir bus pengunjung Masjid Sheikh Zayed supaya kendaraan tidak mengganggu fungsi jalan. Lahan parkir itu berkapasitas ratusan bus.

Gibran melalui akun Twitternya @gibran_tweet, Minggu (26/3/2023) menjelaskan supaya kendaraan diparkir di tempat yang sudah disediakan agar tidak mengganggu fungsi jalan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemkot Solo menyediakan enam kantong parkir, yakni Terminal Tirtonadi dengan kapasitas 100 bus, Terminal Barang Pedaringan dengan daya kampung 200 bus.

Ekspedisi Mudik 2024

Selanjutnya Benteng Vastenburg  dengan daya tampung 70 bus, Pura Mangkunegaran berdaya tampung 70 bus, Solo Technopark, dan Thiong Ting.

Sejumlah lokasi parkir tersebut sudah disediakan shuttle bus dan angkutan pengumpan lainnya. Ruang parkir Masjid Sheikh Zayed Solo terbatas. Apabila tidak mengindahkan imbauan akan dilakukan penggembokan.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo juga membagikan informasi kantong parkir Masjid Raya Sheikh Zayed Shuttle melalui akun Instagramnya @dishubsurakarta. Dishub hanya menyediakan layanan shuttle di Terminal Tirtonadi dengan tarif Rp 4.000 untuk pergi pulang (PP).

Angkutan pengumpan, seperti layanan Taksi Kosti Solo tarifnya Rp5.000/orang sekali drop. Selain itu, ada layanan ojek pangkalan/ojek online dan layanan Batik Solo Trans (BST).

Dishub Solo mengajak pengguna jalan disiplin menempatkan kendaraan di tempat yang sudah disediakan, selalu utamakan kelancaran lalu lintas, serta menjaga jalan agar sesuai dengan fungsinya.

Sejumlah netizen memberikan komentar mengenai konten tempat parkir yang disiapkan Dishub Solo, salah satunya @antoniuscaturadi, menjelaskan pengaturan parkir itu dinilai bagus karena kawasan Ngemplak sering dijadikan parkir yang membuat jalan menjadi macet.

Pengguna @jo_anre234 mendukung kebijakan Pemkot Solo terkait parkir Masjid Sheikh Zayed. Pengaturan itu bisa membuat kawasan Solo bagian utara tidak macet. “Nahh gini dong disediakan kantong-kantong parkir. Biar Solo utara terbebas dari muyek di jalan,” tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya