Gibran: Setelah Closing Ceremony APG 2022 Masih Ada Pekerjaan Rumah

 Kemegahan panggung saat penutupan ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Stadion Manahan, Sabtu (6/8/2022) malam. APG XI 2022 yang diselenggarakan mulai 31 Agustus hingga 6 Agustus 2022 resmi ditutup. Selain pesta kembang api sejumlah pertunjukan seperti tari tradisional hingga penampilan penyanyi papan atas yakni Adien dan Delon turut memeriahkan penutupan pesta olahraga bagi penyandang disabilitas se-Asia Tenggara. (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Kemegahan panggung saat penutupan ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Stadion Manahan, Sabtu (6/8/2022) malam. APG XI 2022 yang diselenggarakan mulai 31 Agustus hingga 6 Agustus 2022 resmi ditutup. Selain pesta kembang api sejumlah pertunjukan seperti tari tradisional hingga penampilan penyanyi papan atas yakni Adien dan Delon turut memeriahkan penutupan pesta olahraga bagi penyandang disabilitas se-Asia Tenggara. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – Ajang ASEAN Para Games (APG) XI 2022 Jawa Tengah (Jateng) berakhir ditandai dengan closing ceremony atau upacara penutupan di Stadion Manahan Solo, yang berlangsung meriah, Sabtu (6/8/2022) malam WIB.

Indonesia sukses menjadi juara umum dengan raihan 175 emas, 144 perak, dan 107 perunggu. Sedangkan, di tempat kedua ada Thailand dengan raihan 117 emas, 113 perak, dan 88 perunggu.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“Alhamdulillah lancar, besok kami masih punya PR (pekerjaan rumah) untuk memastikan setiap kontingen kembali ke negaranya masing-masing,” ungkap Ketua  Indonesia National Paralympic Comittee (Inaspoc), Gibran Rakabuming Raka, setelah closing ceremony.

Inaspoc diberikan target oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk sukses dalam 4 bidang yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses kebangkitan ekonomi dan sukses administrasi.

“Yang jelas setelah closing ceremony, jangan sampai ada masalah administrasi. Semunya tertib karena sudah di backup oleh Kajati dan BPK,” katanya.

Baca Juga: Inilah Mereka, Penyapu Bersih Medali Emas Para-Renang APG 2022

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali menyatakan penggunaan anggaran APG XI 2022 yakni sebesar Rp375 miliar siap diaudit total.

Dirinya menegaskan bahwa laporan akan dibuat secara transparan dan akuntabel untuk membuktikan tidak terjadi penyelewengan serta penyimpangan.

“Setelah ini dilakukan audit, akan kami umumkan karena ini mengunakan APBN kita ingin semua transparan, administrasi, akuntabel, dan tidak terjadi penyelewengan serta penyimpangan, apalagi sampai ada masalah hukum,” kata dia.

Baca Juga: Hasil APG 2022 Capaian Terbesar Sepanjang Sejarah Kontingen Indonesia

Menpora mengklaim bahwa APG XI 2022 berjalan sukses. Kesuksesan tersebut meliputi empat aspek, yakni penyelenggaraan, prestasi juara umum, pemulihan ekonomi, dan administrasi.

“Kesuksesan ini tidak terlepas adanya gotong royong antar kementerian, yakni Kemen PUPR, Kemenkeu, Kemenhub, Kemenkominfo, Kemen BUMN dan Kemenpora,” kata dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Jelang Final Piala AFF U-16: Ingat, Indonesia Pernah Kalahkan Vietnam

      Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, menyatakan banyak peluang yang didapat timnya tak bisa menjadi gol dan hal itu diharapkan tak terulang saat menghadapi Vietnam di final.

      Begini Strategi Bima Sakti Bongkar Parkir Bus Myanmar di Piala AFF U-16

      Bima Sakti menyebut Myanmar menerapkan strategi parkir bus di lini pertahanan mereka sehingga pemain Indonesia cukup kesulitan mencetak gol di babak pertama.

      Indonesia ke Final Piala AFF U-16 2022, Maguwoharjo “Banjir” Air Mata

      Coach Bima Sakti sampai terisak menahan tangis bahagianya. Demikian juga dengan anggota ofisial Timnas U-16 Indonesia.

      Audisi Umum Bulu Tangkis PB Djarum Digelar Lagi, Kini Hanya di Kudus

      Audisi umum PB Djarum hanya fokus pada kategori usia U-11 dan U-13 serta dilangsungkan hanya di Kudus, Jawa Tengah.

      Aksi Bonek Punguti Sampah Bikin Pelatih Persebaya Terenyuh

      Aji Santoso berkomitmen memberikan yang terbaik bagi suporter melalui prestasi yang ditorehkan Persebaya pada Liga 1 2022/2023.

      Bye 5 Ganda Indonesia di Drawing Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022

      Lima ganda Indonesia mendapatkan bye dalam drawing Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 yaitu 4 ganda putra dan 1 ganda campuran.

      Thailand Akui Ada Kesalahan di Semifinal Piala AFF U-16 2022

      Pelatih Thailand sama sekali tidak khawatir dengan kondisi fisik pemainnya meski pertandingan perebutan tempat ketiga turnamen akan berlangsung pada Jumat (12/8/2022).

      Hasil Drawing Atlet Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022

      Hasil drawing Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 atau BWF World Championships telah diketahui dan para unggulan diambil dari ranking yang dikeluarkan BWF pada 2 Agustus.

      Pemerintah Angkat 193 Atlet Berprestasi Jadi PNS

      Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengangkat 193 atlet Indonesia menjadi pegawai negeri sipil (PNS) formasi olahragawan berprestasi.

      Siap Hadapi Tantangan di Final AFF U-16, Ini Komentar Pelatih Vietnam

      Timnas U-16 Vietnam akan berupaya keras menampilkan permainan berkualitas tinggi dan determinasi yang bagus di partai puncak (final Piala AFF U-16 2022).

      Resmi! Susunan Pemain Indonesia Vs Myanmar di Piala AFF U-16 Malam Ini

      Pelatih Timnas U-16 Indonesia dan pelatih Timnas U-16 Myanmar hanya melakukan perubahan kecil pada susunan pemain mereka untuk laga malam ini dibandingkan dengan line up pada penyisihan grup terakhir beberapa hari lalu.

      Tumbangkan Thailand, Vietnam Melaju ke Final Piala AFF U-16 2022

      Gol kemenangan Vietnam dicetak oleh kapten tim Nguyen Cong Phuong pada menit ke-29 dan Nguyen Trong Tuan menit ke-82.

      Robert Alberts Mundur, Ini Kriteria Pelatih Baru Persib Bandung

      Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Umuh Muchtar mengatakan membidik pelatih asing untuk menggantikan Robert Rene Alberts yang mengundurkan diri.

      Robert Alberts Mundur dari Persib Bandung setelah Didemo Bobotoh

      Robert Rene Alberts mengundurkan diri dengan alasan demi kebaikan Persib Bandung saat bobotoh menggelar aksi demo di Graha Persib.

      Persib Bandung Tak Pernah Menang, Robert Alberts Mengundurkan Diri

      Robert Rene Alberts mengundurkan diri dari pelatih kepala Persib Bandung setelah mendapat tekanan dari bobotoh menyusul performa buruk Persib Bandung dalam awal kompetisi Liga 1 2022/2023.