SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming Raka memakai baju dengan logo PDIP saat akan mendaftar sebagai calon wali kota Solo di Kantor DPD PDIP Jateng di Kota Semarang, Kamis (12/12/2019) siang. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO - Presiden Joko Widodo alias Jokowi kemungkinan tidak mudik ke Kota Solo pada masa libur Lebaran tahun 2020 ini. Informasi itu diungkapkan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di sela penyerahan alat pelindung diri (APD) di Mapolresta Solo, Selasa (28/4/2020).

“Saya tidak tahu bapak mudik atau tidak, sepertinya tidak mudik,” ujar dia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Gaji 6 Bulan Belum Dibayar, 150 Pegawai Rumah Sakit Marga Husada Wonogiri Merasa Ditelantarkan

Seperti diketahui, pemerintah melarang mudik Lebaran karena pandemi virus corona atau Covid-19. Gelombang mudik ditakutkan dapat meningkatkan persebaran virus tersebut. Masyarakat yang mudik berpotensi menjadi carrier.

Jokowi sendiri sempat mendapat sorotan karena menyebut mudik dan pulang kampung beda di acara Mata Najwa Trans 7. Jokowi memperbolehkan pulang kampung, namun melarang mudik pada pandemi Covid-19. Hal ini sempat viral di media sosial.

Update Data Covid-19 Indonesia: Pasien Positif Tambah 433 Jadi 10.551 Orang, Sembuh Tembus 1.591

"Kalau itu bukan mudik, itu namanya pulang kampung. Memang bekerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada pekerjaan, ya mereka pulang. Karena anak istrinya ada di kampung," jawab Jokowi saat ditanya Najwa Shihab apakah pemerintah telat memberlakukan larangan mudik karena ribuan orang sudah mudik lebih dulu.

"Apa bedanya?" timpal Najwa.

"Kalau mudik itu terkait hari Lebarannya. Kalau pulang kampung itu bekerja di Jakarta pulang ke kampung," jelas Jokowi.

Rapid Test Positif, 12 Tenaga Medis RSUD Karanganyar Dinyatakan Negatif Covid-19 Lewat Uji Swab

Usai memberikan penyataannya terkait Jokowi tak mudik, Gibran enggan menanggapi pernyataan terkait Pilkada Solo. Termasuk rencana mundurnya Achmad Purnomo dari bursa calon wali Kota Solo dari PDIP.

Dia mengarahkan awak media untuk bertanya langsung kepada Achmad Purnomo. Begitu juga saat didesak ihwal statusnya sebagai calon tunggal cawali Solo PDIP, Gibran enggan memberikan komentar. “Itu nanti saja lah. Saat ini kita fokus dulu ke kegiatan-kegiatan kemanusiaan,” sambung dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya