SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming Raka (kiri) tiba di Loji Gandrung Solo, Rabu (18/9/2019). (Solopos-Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, SOLO -- Belum turunnya rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP tentang siapa yang akan diusung dalam Pilkada Solo 2020 tidak membuat pendukung Achmad Purnomo membuat rencana cadangan. Purnomo Center justru meminta Gibran Rakabuming Raka tak mencalonkan diri.

Pegiat Purnomo Center, Farid Sunarto, menyoroti sikap putra sulung Joko Widodo tersebut yang nekat ingin maju dalam Pilkada Solo 2020. Gibran telah mendaftarkan diri sebagai anggota PDIP dan sempat meminta formulir pendaftaran cawali Solo di DPC PDIP Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sebaiknya Gibran menahan nafsu berkuasa untuk menjaga marwah ayahnya,” kata dia, Selasa (15/10/2019).

Farid menilai Gibran perlu belajar politik kepada Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo yang menanamkan prinsip-prinsip dan etika politik kepada anaknya. Karena itu, anak Rudy tak mengejar jabatan publik selama ayahnya menjadi wali kota.

Sikap berbeda, kata Farid, ditunjukkan Gibran. Padahal keberadaannya sebagai kepala daerah bersamaan dengan masa jabatan ayahnya sebagai Presiden RI dinilai berisiko. Apalagi bila pemerintahan yang dipegang adalah Solo.

Baca juga: Jika Purnomo Vs Gibran: Pertarungan PDIP vs Relawan Projo di Pilkada Solo?.

“Dalam posisi Presidennya Jokowi dan Gibran Wali Kota Solo rentan dinamika politik nasional masuk Solo. Kita ketahui bersama banyak kelompok anti Jokowi. Mereka bisa mencari pemicu perhatian dari kepemimpinan Gibran,” urai dia.

Bila itu terjadi, kata Farid, Solo akan menjadi gaduh dan masyarakat tidak bisa hidup tenang. “Dalam konteks kepemimpnan Solo terbuka. Tapi akan lebih baik bila tidak ada kaitan dengan dinasti penguasa negeri ini,” sambung dia.

Purnomo Center juga mengklaim belum menyiapkan skenario cadangan bila Achmad Purnomo gagal mendapatkan rekomendasi DPP PDIP. Namun, mereka optimistis DPP PDIP bakal memberikan rekomendasi calon wali kota kepada Purnomo yang mendampingi Rudy selama delapan tahun terakhir.

Baca juga: Gibran-Rheo Ulangi Jokowi-Rudy 2005? Wali Kota Solo: Anakku Punya Etika!.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya