Gibran Positif Corona, Penyintas Dari PDIP Solo Beri Tips Cepat Sembuh

Sejumlah legislator dari PDIP Solo yang merupakan penyintas Corona memberikan saran dan tips kepada Gibran yang tengah positif Covid-19.

 Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengadakan konferensi pers via Zoom setelah terkonformasi positif Covid-19, Rabu (14/7/2021). (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengadakan konferensi pers via Zoom setelah terkonformasi positif Covid-19, Rabu (14/7/2021). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Para legislator DPRD Solo dari PDIP yang merupakan penyintas Covid-19 memberikan saran dan tips kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang juga positif Corona.

Salah satunya legislator Fraksi PDIP dari Nusukan, Banjarsari, Hartanti, Kamis (15/7/2021). Perempuan yang sehari-hari berpembawaan ceria itu menyarankan agar Gibran mengurangi porsi kerjanya.

Menurutnya, lebih baik Gibran fokus dengan kegiatan isolasinya. “Kalau pengin segera sehat ya mestinya Mas Wali Kota mengurangi aktivitas bekerjanya. Kan ada Pak Wawali dan Sekda yang menjalankan tugas,” tuturnya.

Baca Juga: Wali Kota Solo Gibran Tetap Bekerja Meski Positif Corona, Koordinasi Via Zoom

Untuk mengisi kegiatan selama isolasi, politikus PDIP Solo yang pernah positif Corona itu menyarankan Gibran melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menyegarkan pikiran.

Ia mencontohkan dirinya yang sering melakukan video call dengan keluarga dan para sahabatnya saat menjalani isolasi. “Kalau aku dulu [saat positif Covid-19] suka VC dengan keluarga dan teman-teman. Topik pembicaraan yang ringan dan seru-seru. Jangan tema yang berat-berat. Biar perasaan bahagia dan enggak merasa kesepian,” ujarnya.

Selain itu, menurut Hartanti, sangat penting bagi pelaku isolasi untuk mengonsumsi makanan bergizi, multivitamin, serta berjemur sinar matahari. Tidak kalah penting pelaku isolasi untuk menjaga pikirannya agar tidak panik.

Baca Juga: RS Darurat Covid-19 Asrama Haji Donohudan Boyolali Tinggal Tunggu Alat-Tenaga Kesehatan

Tak Boleh Panik

“Harus tenang, pikiran longgar dulu. Meskipun pekerjaan banyak tapi dilonggarkan dulu, biar imunnya baik. Enggak boleh panik. Itu yang utama. Kalau soal makanan dan berjemur pasti dilakukan Mas Wali,” katanya.

Saran serupa disampaikan Ketua Fraksi PDIP DPRD Solo, YF Sukasno, untuk Gibran yang tengah positif Corona. Politikus senior Kota Bengawan itu menekankan pentingnya untuk tetap tenang ketika terkonfirmasi positif Covid-19.

Lebih dari itu orang yang positif Covid-19 harus membangun semangat optimismenya pasti segera sembuh dan bertemu keluarga. Untuk mendukung upaya penyembuhan Sukasno menyarankan terapi air putih.

Baca Juga: Catat Lur! Mulai Besok, Jl Adi Sucipto Solo Mulai Tugu Makuto hingga SPBU Manahan Ditutup

“Siang hari minum air putih hangat sebanyak-banyaknya. Kalau malam minumnya sedikit saja, yang penting tenggorokan tidak kering. Makan nasi sedikit, tapi telur rebus, sayur yang banyak. Minum vitamin dan madu,” ungkapnya.

Selama menjalani isolasi mandiri, Sukasno juga rutin berjemur di terik matahari siang. “Berjemur mulai pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB. Mudah-mudahan Mas Wali Kota segera sembuh dan bertugas kembali,” harapnya.

Seperti diketahui, Gibran positif Corona berdasarkan tes PCR di RSUD Bung Karno, Solo, awal pekan ini. Ia saat ini tengah menjalani isolasi di suatu tempat yang diduga Loji Gandrung. Istri dan kedua anaknya sudah dites dan hasilnya negatif.

Berita Terkait

Espos Premium

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Berita Terkini

Tak Cuma Dapat Bantuan Uang Buat Ngontrak, Sekeluarga Tidur di Wedangan Kartasura Juga Dapat Motor

Sekeluarga yang tidur dikolong meja di wedangan di Kartasura, Sukoharjo, mendapat bantuan senilai Rp32.650.000. Bantuan itu kemudian diwujudkan dalam bentuk motor, uang kontrakan, dan sebagainya.

Dapat Donasi Rp32 Juta, Sekeluarga yang Tidur di Kolong Meja Wedangan Kartasura Bakal Ngontrak

Sekeluarga yang tidur dikolong meja di wedangan di Kartasura, Sukoharjo, bakal dicarikan kontrakan setelah mendapat bantuan senmilai Rp32.650.000.

Wonogiri Kembali Masuk Zona Kuning Covid-19, Bupati Jekek: Ini Luar Biasa

Selama pandemi berlangsung, Wonogiri pernah masuk dalam zona hijau, kuning, oranye, dan merah.

Kronologi Penemuan Kerangka Manusia dan Tengkorak di Sambungmacan Sragen

Temuan kerangka manusia itu memiliki ciri-ciri yang sama dengan Eko yang memiliki tinggi 168 dan berat badan 70 kg.

Bupati Pastikan Pelajar SMP Wonogiri Mulai Divaksin Covid-19 Pekan Depan

Jumlah pelajar SMP di Wonogiri, baik negeri maupun swasta, yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 berjumlah sekitar 80.000 lebih.

Ditemukan Tinggal Kerangka di Selokan, Warga Sragen Ternyata Sudah Hilang 2 Bulan

Kerangka manusia itu ditemukan secara tidak sengaja oleh warga pada Jumat pagi sekitar pukul 08.00 WIB.

Donasi untuk Sekeluarga Tidur di Kolong Meja Wedangan Kartasura Terkumpul Rp32,6 Juta Sehari

Melalui kisah yang dibagikan kali pertama oleh Yayasan Kita Peduli di media sosial dan menjadi viral ini terhimpun donasi senilai Rp32.650.000.

Warga Sragen Ditemukan Tinggal Kerangka di Selokan, Tengkoraknya Hanyut 200 Meter

Selokan tak jauh dari lapangan voli di tanah kas desa itu sebelumnya memang jarang dijamah warga.

Objek Wisata di Karanganyar Masih Tutup, Pemkab Turunkan Lagi Target PAD

Target PAD wisata Karanganyar tahun ini relatif jauh lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp1,2 miliar per tahun.

Vaksinasi Buruh Wonogiri Capai 85%, Sejumlah Perusahaan Masih Antre Vaksin

Vaksinasi kepada buruh belum sepenuhnya selesai karena ada beberapa perusahaan yang belum menggelar vaksinasi.

5 Jabatan Kepala OPD Pemkot Solo Masih Kosong, Kapan Pengisiannya?

Pematangan SOTK baru sedang diproses oleh Bagian Organisasi bersama legislatif dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

2 Pemuda Karanganyar yang Ditangkap BNNP DIY Ternyata Edarkan Sabu-Sabu Pasokan Napi Lapas Sragen

Dua pemuda Karanganyar yang menjadi kurir sabu-sabu memperoleh barang haram tersebut dari bandar yang merupakan napi Lapas Sragen.

Ini Alasan Sekeluarga Tidur di Warung Wedangan Kartasura Tolak Tawaran Tinggal di Rusunawa

Bupati Sukoharjo melalui Dinas Sosial memberikan bantuan kepada satu keluarga pasutri pedagang kaki lima (PKL) wedangan di depan SMP Negeri 3 Kartasura ini.

Belum Sempat Bertemu Pembeli, 2 Kurir Sabu-Sabu Asal Karanganyar Diringkus BNNP DIY

Dua pemuda asal Karanganyar dibekuk BNNP DIY saat hendak bertransaksi sabu-sabu di jalan raya Solo-Jogja di wilayah Sleman.

Keren, 3 Warga Sragen Ini Ambil Bagian dalam PON XX 2021 di Papua

Dua atlet dan satu asisten pelatih itu dilepas Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, di Ruang Transit, Setda Pemkab Sragen, Kamis (16/9/2020) sore.