SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengadakan konferensi pers via Zoom setelah terkonformasi positif Covid-19, Rabu (14/7/2021). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Para legislator DPRD Solo dari PDIP yang merupakan penyintas Covid-19 memberikan saran dan tips kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang juga positif Corona.

Salah satunya legislator Fraksi PDIP dari Nusukan, Banjarsari, Hartanti, Kamis (15/7/2021). Perempuan yang sehari-hari berpembawaan ceria itu menyarankan agar Gibran mengurangi porsi kerjanya.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Menurutnya, lebih baik Gibran fokus dengan kegiatan isolasinya. “Kalau pengin segera sehat ya mestinya Mas Wali Kota mengurangi aktivitas bekerjanya. Kan ada Pak Wawali dan Sekda yang menjalankan tugas,” tuturnya.

Baca Juga: Wali Kota Solo Gibran Tetap Bekerja Meski Positif Corona, Koordinasi Via Zoom

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk mengisi kegiatan selama isolasi, politikus PDIP Solo yang pernah positif Corona itu menyarankan Gibran melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menyegarkan pikiran.

Ia mencontohkan dirinya yang sering melakukan video call dengan keluarga dan para sahabatnya saat menjalani isolasi. “Kalau aku dulu [saat positif Covid-19] suka VC dengan keluarga dan teman-teman. Topik pembicaraan yang ringan dan seru-seru. Jangan tema yang berat-berat. Biar perasaan bahagia dan enggak merasa kesepian,” ujarnya.

Selain itu, menurut Hartanti, sangat penting bagi pelaku isolasi untuk mengonsumsi makanan bergizi, multivitamin, serta berjemur sinar matahari. Tidak kalah penting pelaku isolasi untuk menjaga pikirannya agar tidak panik.

Baca Juga: RS Darurat Covid-19 Asrama Haji Donohudan Boyolali Tinggal Tunggu Alat-Tenaga Kesehatan

Tak Boleh Panik

“Harus tenang, pikiran longgar dulu. Meskipun pekerjaan banyak tapi dilonggarkan dulu, biar imunnya baik. Enggak boleh panik. Itu yang utama. Kalau soal makanan dan berjemur pasti dilakukan Mas Wali,” katanya.

Saran serupa disampaikan Ketua Fraksi PDIP DPRD Solo, YF Sukasno, untuk Gibran yang tengah positif Corona. Politikus senior Kota Bengawan itu menekankan pentingnya untuk tetap tenang ketika terkonfirmasi positif Covid-19.

Lebih dari itu orang yang positif Covid-19 harus membangun semangat optimismenya pasti segera sembuh dan bertemu keluarga. Untuk mendukung upaya penyembuhan Sukasno menyarankan terapi air putih.

Baca Juga: Catat Lur! Mulai Besok, Jl Adi Sucipto Solo Mulai Tugu Makuto hingga SPBU Manahan Ditutup

“Siang hari minum air putih hangat sebanyak-banyaknya. Kalau malam minumnya sedikit saja, yang penting tenggorokan tidak kering. Makan nasi sedikit, tapi telur rebus, sayur yang banyak. Minum vitamin dan madu,” ungkapnya.

Selama menjalani isolasi mandiri, Sukasno juga rutin berjemur di terik matahari siang. “Berjemur mulai pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB. Mudah-mudahan Mas Wali Kota segera sembuh dan bertugas kembali,” harapnya.

Seperti diketahui, Gibran positif Corona berdasarkan tes PCR di RSUD Bung Karno, Solo, awal pekan ini. Ia saat ini tengah menjalani isolasi di suatu tempat yang diduga Loji Gandrung. Istri dan kedua anaknya sudah dites dan hasilnya negatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya