SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pasar Mebel Gilingan Banjarsari, Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ingin membangun Pasar Mebel Gilingan, Banjarsari, Solo, menjadi seperti IKEA. IKEA adalah peritel perabot rumah tangga dari Swedia yang memiliki ratusan gerai di puluhan negara.

Keinginan itu disampaikan Gibran dalam wawancara eksklusif bersama Presiden Direktur Solopos Media Group (SMG), Arif Budisusilo, di Museum Batik Keris Solo, Senin (17/1/2022). Saat itu, Arif Budisusilo menanyakan soal rencana pembangunan Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) di lahan Pasar Mebel Gilingan yang mendapat penolakan dari pedagang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pedagang Pasar Mebel Gilingan masih enggan dipindahkan, itu bagaimana approach nya?” tanya Arif.

Baca Juga: Polemik Pasar Mebel Gilingan Solo, Gibran Siap Ajak Ngobrol Pedagang

Menjawab pertanyaan itu, Gibran mengaku memindahkan orang dari satu titik atau lokasi ke lokasi lain memang tidak mudah. “Pasti tricky ya. Kemarin Pasar Legi saja mau dipindahin dari pasar darurat ke pasar baru lebih bersih megah, lebih baik, itu pun harus kemarin kita ada sedikit paksaan juga,” ujarnya.

wawancara eksklusif gibran pasar mebel gilingan solo
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berbincang dengan Presiden Direktur Solopos Media Group (SMG) Arif Budisusilo dalam wawancara eksklusif di Museum Batik Keris Solo, Senin (17/1/2022). (Youtube Espos Indonesia )

Gibran menjelaskan komitmennya menjadikan Pasar Mebel Gilingan Solo jadi lebih bagus. “Mau kita bikin seperti mirip-mirip IKEA lah,” katanya.

Baca Juga: Banjir Air Mata, Pedagang Pasar Mebel Gilingan Solo Mengadu ke DPRD

Lebih lanjut, Gibran mengatakan gambar desain atau detail engineering design (DED) Sentra IKM itu saat ini sudah siap. Begitu juga anggarannya. “Ini tinggal warganya saja. Jadi kita mau bikin ada showroom-nya, ada tempat untuk produksi, finishing, kiln dry, sudah disiapkan semua,” tambah Gibran.

Anggaran Pembangunan Sentra IKM

Produk yang akan dipajang di Sentra IKM juga bermacam-macam furnitur, mebel, handycraft dan sejenisnya. Gibran mengaku sudah bernegosiasi dengan warga yang lama menempati atau tinggal di kios-kios Pasar Mebel Gilingan, Solo.

Baca Juga: Pedagang Pasar Mebel Gilingan Solo Bisa Masuk Sentra IKM, Ini Syaratnya

“Kios sebenarnya tidak boleh ditinggali ya. Mau kita relokasi, mau kita bikinkan pasar baru lagi. Tapi ya warga masih tarik ulur. Itu enggak apa-apa, itu biasa kok,” katanya.

Seperti diberitakan, Pemkot Solo bakal membangun Sentra IKM di lahan Pasar Mebel Gilingan, Banjarsari, Solo, pada tahun ini. Anggaran untuk itu sudah disiapkan senilai Rp50 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perindustrian sektor Industri Kecil dan Menengah.

Baca Juga: Pedagang Pasar Mebel Gilingan Solo Merasa Ditipu Pemkot soal Sentra IKM

Selain itu, telah disiapkan pula anggaran senilai Rp22 miliar untuk membangun pasar mebel di lahan eks Bong Mojo, Jebres. Pasar mebel ini untuk menampung pedagang yang sekarang menempati Pasar Mebel Gilingan. Namun, rencana ini mendapat penolakan dari pedagang yang enggan dipindahkan ke pasar di lahan eks Bong Mojo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya