Kategori: Solo

Gibran Imbau Masyarakat Belanja Online, Ini Alasannya


Solopos.com/Kurniawan

Solopos.com, SOLO--Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, imbau masyarakat belanja secara online. Namun bila ingin mengunjungi mall, sebaiknya masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Selain itu, Gibran menyarankan masyarakat menerapkan protokol kesehatan ketat bila akan ke luar rumah selama masa libur Lebaran 2021. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19 di masa pandemi sekarang ini.

Menurut dia bila akan melakukan aktivitas di luar, sangat penting untuk menerapkan protokol kesehatan. “Silahkan warga yang ingin berbelanja atau mengunjungi mall. Silahkan, tapi dengan prokes ketat ya,” ujar dia, Selasa (11/5/2021).

Baca Juga: Takbir Keliling Dilarang, Jalan Utama di Klaten Bakal Dijaga Polisi

Namun bila memang tidak begitu mendesak, Gibran mendorong masyarakat untuk belanja secara online. Dengan begitu risiko penularan Covid-19 bisa diminimalisasi. “Saya sarankan juga berbelanja online agar lebih aman,” sambung dia.

Ihwal berbelanja online, menurut dia sudah bisa dilayani di sejumlah tempat penyedia berbagai barang kebutuhan masyarakat. Dia mencontohkan di Pasar Gede yang merupakan pasar tradisional yang menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat.

Disinggung rekomendasi menu kuliner khas Solo, Gibran tidak mau secara spesifik menyebutkan pilihan menunya. Menurut dia semua kuliner di Solo menarik dan recommended, sehingga layak dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat kota.

“Semuanya menarik, misalnya di Pasar Gede itu juga pedagang-pedagangnya sudah melek teknologi dan [konsumen] bisa berbelanja secara online, barang akan dikirim langsung ke rumah. Jadi silahkan berbelanja secara online dagangan pedagang kita,” kata dia.

Baca Juga: Kumpul di SPBU Manahan Solo, 48 Remaja Bermotor Brong Diciduk Polisi

Guna mendukung kebijakan pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19, menurut Gibran Pemkot Solo melarang ibu hamil, orang lanjut lansia (lansia) dan anak berusia kurang dari lima tahun (balita), berkunjung ke tampat-tempat pariwisata.

Gibran pun mengaku tidak ada rencana jalan-jalan ke tempat pariwisata atau ke pusat perbelanjaan selama masa libur Lebaran. Namun diakui dia tempat-tempat pariwisata di Solo tetap buka selama masa libur, dan siap menerima kunjungan warga.

Bila akan jalan-jalan di tempat pariwisata, masyarakat diminta tidak abai dengan prokes seperti memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan pakai sabun.

Share
Dipublikasikan oleh
Astrid Prihatini WD