SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng asal Surakarta di halaman Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023). (Bisnis/Akbar Evandio)

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) irit bicara saat diminta tanggapan terkait potensi Gibran Rakabuming Raka untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Apalagi, kesempatan tersebut bisa terbuka lebar apabila Mahkamah Konstitusi (MK) menurunkan syarat usia minimal calon presiden (capres) dan cawapres melalui uji materi Undang-undang Pemilu. “Tanyakan Bu Puan,” katanya usai menyampaikan pidato di acara Peringatan Hari Konstitusi dan HUT ke-78 MPR RI di Gedung MPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (18/8/2023).

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengamini bahwa putra sulung Jokowi memang berpeluang diusung menjadi cawapres apabila MK mengabulkan uji materi tentang pasal syarat usia minimal capres-cawapres. “Kami mencermati hal tersebut, kalau emang kemudian di MK-nya kemudian disetujui ada calon cawapres di bawah 40 tahun ya bisa saja Mas Gibran yang maju,” katanya saat ditemui di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023).

Sekadar informasi, MK saat ini sedang memproses tiga gugatan soal batas minimal usia capres dan cawapres. Meski begitu, pengajuan uji materi ini dinilai memiliki korelasi dengan isu Gibran yang didukung maju menjadi cawapres.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Jokowi Respon Isu Gibran Jadi Cawapres Ganjar: Tanya Bu Puan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya