SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan istrinya, Selvi Ananda membeli sejumlah makanan khas nusantara pada Bazar UMKM Indonesia 2023 di KBRI Seoul, Selasa (6/6/2023) siang waktu setempat. (Istimewa/Instagram @gandisulis)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan istrinya Selvi Ananda ikut jajan dan mencicipi makanan khas nusantara pada Bazar UMKM Indonesia 2023 di KBRI Seoul, Selasa (6/6/2023) siang waktu setempat.

Bazar itu merupakan bagian dari rangkaian acara untuk merayakan peringatan 50 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Korsel. Momen kunjungan Gibran dengan Selvi itu dibagikan Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto  melalui Instagramnya @gandisulis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gibran dan Selvi yang juga sebagai Ketua Tim Penggerak dan Pemberdayaan Keluarga (TP PKK) Kota Solo mengunjungi setiap stan UMKM. Gibran dan Selvi tampak mengambil sejumlah produk kuliner yang ditawarkan.

Sejumlah stan yang menawarkan produk kuliner, antara lain Dharma Wanita Persatuan KBRI Seoul menawarkan makanan ringan, jajan pasar, dan bumbu; Kementerian Perdagangan menawarkan produk makanan ringan kacang-kacangan, minuman kemasan, dan mi instan.

Stan Rinjani menawarkan sate Bulayak khas Lombok, plecing kalasan, dan lontong rendang. Stan Rumah Makan Sederhana Iin menjual karedok, batagor kuah bakso, dan es coklat.

Stan Resto Mbok Mumun menjual bakso Solo, es teler, dan es cincau. Stan Warung Indonesia Sachon Korea menawarkan nasi goreng ayam, mi goreng ayam, dan nasi tumpang khas Kediri.

Royal Restaurant menawarkan rawon, pecel, dawet, kerupuk, dan peyek. Ulubelu Coffee menawarkan latte and americano.

Gandi menjelaskan geliat UMKM subsektor kuliner yang dimotori diaspora Indonesia  dengan menyajikan makanan khas nusantara mulai dari rawon sampai jamu. Antrian panjang menunjukkan antusiasme masyarakat.

“Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pendukung acara, termasuk UMKM Indonesia. Jangan pernah lelah promosikan diplomasi gastronomi Indonesia, kuliner,” jelasnya.

Menurut dia, Gibran Selvi turut mencicipi berbagai hidangan khas Indonesia yang disajikan.

Gibran menjelaskan kekagumannya kepada masyarakat Indonesia di Korsel yang bekerja keras mempromosikan produk kulinernya. Dikenal sebagai penggerak UMKM, pada tahun 2022 Wali Kota Solo mempromosikan karya UMKM di Paris melalui pagelaran bertajuk Java in Paris

Selain masyarakat Indonesia, turut hadir masyarakat Korsel yang tampak antusias menikmati sajian autentik dari berbagai provinsi di Indonesia. 

Sebelum bazar berakhir, dipilih gerai favorit yang menyediakan sajian yang khas yaitu Warung Mbok Mumun. Pemenang mendapatkan voucher belanja dari Shopee selaku sponsor acara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya