Kategori: Nasional

Gibran dan Purnomo Ditanya Puan Cara Mendekati Warga Solo, Siapa Pemenangnya?


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, JAKARTA -- Ketua DPP Bidang Bidang Politik dan Keamanan PDIP Puan Maharani meyakini setiap kandidat di Pilkada Solo 2020 pasti akan mematuhi keputusan dewan pimpinan pusat partai.

Puan mengatakan hal itu setelah menjadi panelis terhadap tiga kandidat yang akan diusung PDIP di Pilkada Solo 2020, yaitu Gibran Rakabuming, Achmad Purnomo, dan Teguh Prakoso, di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (10/2/2020).

"Seluruh kader Kota Solo sudah bersepakat bahwa apa pun rekomendasi yang dikeluarkan oleh DPP partai atau ketua umum partai adalah suatu hal yang wajib dilaksanakan dalam memenangkan Pilkada yang akan datang," kata Puan seperti dikutip dalam siaran persnya, Senin.

Orang China Salat Menghadap Sembarangan Karena Takut Virus Corona? Cek Faktanya

Mengenai tahapan fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan ini, Puan menilai hal ini sebagai mekanisme dalam menentukan calon yang akan didukung partai. Puan mengatakan DPP PDIP menanyakan terkait visi-misi dan komitmen setiap kandidat sebelum dipilih.

"[mereka ditanya] Satu per satu, walaupun katanya perginya mereka ini bareng satu pesawat. Baru sekarang ini ada calon yang perginya satu pesawat. Calon-calon yang mau maju Pilkada kalau di luarnya kayaknya panas, ternyata enggak tuh. Tadi makan pecel, bacem, sambal terasi, ngopi, teh, ngobrol-ngobrol, ya sudah nguyon, kok," ungkap Puan sambil tersenyum.

Pimpin Persijap, Widyantoro akan Reuni dengan Persis Solo di Manahan?

Kota Solo, kata Puan, harus menjadi daerah yang lebih baik. Bahkan, Puan menginginkan Solo menjadi pusat kebudayaan dan rumah toleransi. Oleh karena itu, kata dia, setiap kandidat ditanyai bagaimana mereka mendekati warga dan tokoh-tokoh di Solo.

Menurut Ketua DPR ini, dia akan membawa hasil uji kepetutan dan kelayakan ini dalam rapat internal DPP PDIP. Selanjutnya hasil rekomendasi itu akan dibawa ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk diputuskan siapa yang akan didukung oleh partai.

Jokowi ke Australia, Veronica Koman Sodori Daftar Ratusan Korban Tewas Papua

"Jadi secara berjenjang disampaikan kepada ketua umum dan kemudian akan diputuskan oleh ketua umum melalui partai," ucap mantan Menko PMK ini.

Sebelumnya, pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa mulai tancap gas mendatangi kegiatan deklarasi dukungan yang dilakukan masyarakat. Contohnya pada Minggu (26/1/2020) sudah ada tiga agenda deklarasi dukungan untuk Puguh.

Salah satunya di Baluwarti, Pasar Kliwon, pukul 06.00 WIB, yang diinisiasi oleh Komunitas Sahabat Puguh. Untuk menarik perhatian masyarakat, panitia menyiapkan sejumlah doorprize menarik seperti TV LED, kulkas, mesin cuci, dan sepeda.

Banyak PNS Gagal Jadi Eselon 1 & 2 karena Radikalisme, BKN: Bukan Data Kami!

Sementara itu, di tempat terpisah bakal cawali Solo, Gibran Rakabuming Raka, masih konsisten blusukan kampung berdialog dengan masyarakat. Salah satunya dilakukan Gibran di Jl. Kalingga III Banyuagung, Banjarsari, pada Selasa (21/1/2020) pukul 16.00 WIB.

Share
Dipublikasikan oleh
Adib Muttaqin Asfar