Gibran Dan Menhub Jajal KRL Solo Balapan-Palur, Sudah Siap Beroperasi?

Menhub Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal jalur KRL Solo Balapan-Palur, Kamis (26/5/2022).

 Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal jalur KRL Solo Balapan-Palur, Kamis (26/5/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal jalur KRL Solo Balapan-Palur, Kamis (26/5/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal jalur kereta rel listrik atau KRL Solo Balapan-Palur, Kamis (26/5/2022).

Kementerian Perhubungan berencana mengoperasikan KRL Solo Balapan-Solo Jebres-Palur mulai pekan pertama Juli 2022. Pantauan Solopos.com, Gibran dan Budi Karya menjajal KRL dari Stasiun Solo Balapan sampai Stasiun Palur. Rute KRL sepanjang 6,8 kilometer. Kereta berjalan mulai pukul 13.49 WIB dan tiba di Stasiun Palur sebelum pukul 14.00 WIB.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

“Pekerjaaan sudah relatif selesai. Insyaallah bulan Juli mulai [operasional KRL]. Ini menunjukkan konsistensi kami bahwa aglomerasi tak terbantahkan. Satu kota dengan kota sekitarnya harus dihubungkan dengan angkutan massal,” kata Budi saat menjajal KRL Solo Balapan-Palur, Kamis.

Dia mengklaim layanan KRL digemari masyarakat salah satunya dengan jumlah penumpang KRL Solo-Jogja meningkat 50 persen selama periode Lebaran 2022. Angkutan aglomerasi harus dilakukan baik angkutan kereta, bus, atau jenis angkutan lainnya.

“Saya nanti akan mengoordinasi angkutan tak hanya Solo namun di Bandung, Surabaya. Solo dengan Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten,” jelasnya.

Baca Juga: 2 Hari Diuji Coba, Jalur KRL Solo Balapan-Palur Sudah Siap?

Menurut Budi, jumlah kendaraan pribadi yang meningkat bisa berdampak pada kemacetan lalu lintas. KRL merupakan solusi dengan ramah lingkungan.

Sementara itu, saat sampai di Stasiun Palur, Budi dan Gibran sempat singgah untuk mendengar paparan mengenai rencana pengembangan jaringan elektrifikasi dan layanan KRL Solo Balapan-Palur yang terintegrasi dengan KRL Solo-Jogja.

Progres fisik kumulatif elektrifikasi Solo Balapan-Palur mencapai 84,33 persen. Sementara pembangunan jalur ganda kereta api (KA) Solo-Semarang fase I mencapai 9,185 persen dan ditargetkan selesai triwulan pertama 2024.

Baca Juga: Elektrifikasi Jalur KRL Stasiun Solo Balapan-Palur Sudah 73% Lur

Elektrifikasi

Selanjutnya ada upaya peningkatan lalu lintas Solo-Wonogiri untuk mendukung angkutan KA perintis Batara Kresna relasi Purwosari- Wonogiri. Kegiatannya berupa penggantian rel semula R42 menjadi R54.

Kemudian penggantian bantalan besi menjadi bantalan beton dan mengintegrasikan KA Batara Kresna dengan KRL serta KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS).

Kemudian ada elektrifikasi Stasiun Palur sampai Kedungbanteng dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. Selain rencana elektrifikasi jalur KA BIAS.

Baca Juga: KRL Solo-Palur Segera Beroperasi, Bisa Diperpanjang Sampai ke Sragen?

Sementara jumlah perjalanan KRL Solo-Jogja mencapai 20 perjalanan/hari dan 24 perjalanan pada akhir pekan. Rata-rata penumpang sebanyak 11.815/hari dan telah mengangkut 3.153.475 penumpang sampai Februari 2022.

Gibran menjelaskan uji coba jalur KRL Solo Balapan ke Stasiun Palur cukup baik. Pemkot Solo menyambut baik tambahan jalur KRL Solo Balapan-Palur.

“Yang pasti dampaknya sangat baik sekali. Ada prediksi tambahan traffic-nya sampai 12 persen. Saya kira bakal lebih dengan harga terjangkau dan fasilitas yang baik, AC dingin, KRL bersih, dan tepat waktu,” paparnya.

Baca Juga: Asyik, Overpass Jl DI Pandjaitan Solo Sudah Dibuka Luur

Menurut Gibran, Solo Balapan-Palur bakal mempermudah para penumpang yang naik layanan BST maupun KRL. Salah satu penglaju dari Jogja yang bekerja di Solo, Fahmi, 32, mengatakan biasa menggunakan bus sebelum beralih ke KRL.

Menurutnya, layanan KRL nyaman dan mudah untuk bertransaksi. “KRL sampai Palur bagus sekali. Bila perlu layanan KRL se-Jawa jalan,” ungkapnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Gubernur Didesak Ambil Kebijakan Untuk Nasib 8 Siswa di Sragen

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, diminta mengambil kebijakan untuk menentukan nasib delapan siswa yang namanya tiba-tiba hilang di daftar PPDB SMAN1 Gondang, Sragen.

Maling Obrak-abrik Ladang Sayuran Petani di Matesih Karanganyar

Tanaman kol dan cabai di ladang petani Matesih, Kabupaten Karanganyar, jadi sasaran pencurian yang diketahui Minggu (3/7/2022). Kejadian ini bukan kali yang pertama.

Warga Grogol Korban Pantai Drini Dikenal Ramah dan Sederhana

Warga asal Dusun Jetis, Desa Kwarasan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Rini Hastuti, yang meninggal dunia saat wisata di Pantai Drini dikenal ramah dan sederhana.

Nama 8 Siswa Sragen Hilang, Panitia PPDB: Kode Pembajak dari Jatim

Panitia PPDB 2022 Provinsi Jawa tengah mendeteksi ada orang lain yang menggunakan akun milik calon siswa yang namanya hilang. Dari alamat IP, diketahui kodenya dari Jawa Timur.

Sudah Dimulai, Kontraktor Ungkap Skenario Pengerjaan Jembatan Mojo Solo

Kontraktor proyek rehab Jembatan Mojo, Solo, membeberkan skenario pengerjaan jembatan penghubung Solo dengan Sukoharjo tersebut.

Nama 8 Siswa di Sragen Tiba-Tiba Menghilang, Sekolah Lapor ke Provinsi

Nama delapan calon siswa SMAN 1 Gondang Sragen mendadak hilang dari daftar PPDB 2022 sekolah tersebut. Diduga ada orang yang membatalkan pendaftaran delapan siswa tersebut.

Tragis! Anak Semata Wayang Korban Pantai Drini Sebentar Lagi Menikah

Putra semata wayang wisatawan asal Grogol, Sukoharjo, yang menjadi korban terseret ombak di Pantai Drini, Gunungkidul, berencana menikah akhir bulan ini.

Ssstt...Bakal Ada Universitas Baru Lagi di Karanganyar Lur

Kabupaten Karanganyar akan kedatangan universitas baru. Pemkab tengah menyiapkan lahan 10 hektare untuk pembangunan gedung universitas negeri tersebut.

Ada 2 Event Internasional Di Solo, 796 Personel Keamanan Dikerahkan

Polresta Solo siap menerjunkan ratusan personel gabungan untuk mengamankan dua event internasional yakni pertemuan G20 dan ASEAN Paragames, Juli ini.

Ternyata Tak Boleh Beri Nama Anak Cuma Satu Kata, Ini Kata Disdukcapil

Disdukcapil Karanganyar meminta warga untuk tidak memberi nama anak mereka dengan hanya satu kata. Ada aturan yang melarang memberi anak dengan hanya satu kata.

Jadi Daerah Wabah PMK, Boyolali Perpanjang Penutupan Pasar Hewan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali memutuskan untuk memperpanjang penutupan seluruh pasar hewan. Menyusul adanya penetapan Boyolali sebagai Daerah Wabah PMK.

Gibran Soal Pelecehan Seksual Personel JKT 48: Protesnya Ke Saya Semua!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku mendapat protes dari banyak pihak soal kasus pelecehan seksual yang dialami personel JKT48 saat konser di The Park Mall Solo Baru, Sukoharjo.

Pemkab Karanganyar Bagi-Bagi 20 Domba Kurban, Siapa yang Dapat?

Pemkab Karanganyar kembali akan membagi-bagi hewan kurban ke sejumlah daerah dan lembaga. Hewan kurban yang dibagi-bagi berupa domba.

Warga Grogol Terseret Ombak Pantai Drini, Ternyata Kakak Beradik

Dua wisatawan asal Kecamatan Grogol, Sukoharjo yang terseret ombak di Pantai Drini merupakan kakak beradik.

Kisah Misteri Suara Kijang di Gupak Menjangan Gunung Lawu

Kisah misteri kali ini tentang penampakan kijang di Gupak Menjangan Gunung Lawu.