Gibran Rakabuming Raka saat mencukur rambut di salon Cak Tohir Nusukan, Banjarsari, Solo, Sabtu (11/1/2020). (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO – Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, mencukur rambut di Cukur Rambut Madura Cak Tohir, Nusukan, Banjarsari, Solo, Sabtu (11/1/2020) sore. Gibran menganggap hasil cukur rambut Madura sama saja dengan barbershop kekinian.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Gibran Rakabuming Raka tampak pasrah rambutnya diobrak-abrik oleh pemangkas. Termasuk saat rambutnya dijepit dengan jepitan warna merah muda yang biasa dipakai ibu-ibu.

Gibran Rakabuming Raka sengaja datang ke tempat cukur rambut Cak Tohir untuk mengenang masa kecil. Dia mengaku sering mencukur rambut di tempat Cak Tohir sewaktu kecil yang berada di Sumber, Banjarsari, Solo.

Kini, tempat cukur rambut Cak Tohir sudah berpindah tempat ke Nusukan, Banjarsari, Solo. Ini merupakan kali pertama bagi Gibran Rakabuming Raka mengunjungi tempat itu.

“Kalau di Nusukan baru pertama kali ini, kalau dulu biasanya di Cak Tohir Sumber,” terangnya kepada Solopos.com.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu mengatakan, hasil cukur rambut di salon Madura dengan babershop kekinian tidak berbeda jauh. Perbedaan paling kentara adalah soal harganya.

“Kalau dibandingkan harga cukur rambut Madura itu setengahnya barbershop gaul. Tetapi hasilnya sama saja. Beda alat mencukur rambut tapi hasilnya sama. Ini masalah skill dan ketrampilan, terbukti bisa eksis sampai sekarang,” ujarnya.

Gibran Rakabuming Raka menjelaskan setiap masyarakat yang mandiri dan memiliki ketrampilan harus didukung. Ia menyebut ketrampilan mencukur rambut ala Madura harus selalu diwariskan ke generasi selanjutnya agar tidak hilang dimakan zaman. Menurutnya, yang paling utama adalah mempertahankan kemampuan dan menjaga harga tetap terjangkau.

Pemilik tempat pangkas rambut Madura Cak Tohir, Muhammad Tohir Azmi, mengatakan dulu Presiden Joko Widodo sering mencukur rambut di lapaknya yang berada di kawasan Sumber, Banjarsari, Solo.

“Dulu Pak Jokowi sering cukur rambut. Tetapi saya lupa berapa kalinya karena sudah sering. Ini Mas Gibran cukur rambut gaya Mandarin,” ujar Ketua Paguyuban Cukur Rambut Madura di Solo itu.

Harga jasa cukur rambut yang dipatok Cak Tohir sebesar Rp10.000. Sedangkan bagi yang ingin mencukur jenggot cukup membayar Rp3.000.

Cak Tohir mengaku hingga saat ini cukur rambut Madura tetap diminati meski barbershop tengah menjamur. Menurutnya, cukur rambut Madura tidak menggunakan bahan-bahan kimia.

Bahkan, ketrampilan dalam mencukur rambut secara alami menyesuaikan postur kepala. Cak Tohir menjelaskan saat ini ia memiliki empat cabang tempat pangkas rambut di Kota Solo.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten