SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

ERASMIA— Harapan Der Panzer Jerman lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia (PD) 2010 Afrika Selatan (Afsel) dengan tim yang solid, mulai direcoki masalah.

Juara dunia tiga kali ini belum juga menentukan formasi yang pas untuk lini depan saat berhadapan dengan Ghana di Stadion Soccer City, Johannesburg, Kamis (24/6) dini hari WIB. Jerman dipastikan tak diperkuat Miroslav Klose yang terkena hukuman kartu merah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Padahal, Klose merupakan pilihan pertama dan utama di lini depan Jerman untuk berduet dengan Lukas Podolski. Jerman mengemas kemenangan fantastis 4-0 atas Australia di laga pembuka, sebelum dikejutkan oleh kekalahan 0-1 dari Serbia.

Kini, Jerman berhadapan dengan skenario mencemaskan. Mereka harus mampu mengalahkan Ghana di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut tanpa seorang Klose. Pelatih Joachim Loew harus memutar otak.

Dia dituntut segera memecahkan teka-teki formasi terbaik di lini depan saat berhapan dengan Ghana, yang kini masih berada di puncak klasemen dengan torehan empat poin, unggul dari Jerman dan Serbia.

Pilihan yang paling mungkin menaruh Cacau sendirian di depan. Striker ini sudah mencetak tiga gol dalam dua pertandingan persahabatan sebelum Piala Dunia, dan hanya terdepak dari line up oleh Klose di Afsel.

Cacau juga dimainkan dan berhasil menjaringkan gol saat berhadapan dengan Australia. “Kali ini saya rasa Cacau bisa dimainkan sejak awal,” kata Loew kepada para wartawan di Pretoria, Selasa (22/6).

Dia juga menjelaskan striker cadangan Stefan Kiessling dan Mario Gomez siap diturunkan, namun Cacau yang kelahiran Brazil itu tampaknya tetap pilihan pertama. “Mungkin saya akan mengubah satu atau dua posisi. Ada beberapa variasi, namun di lini serangan saya tetap condong ke Cacau…”

Selain perubahan itu, Loew telah menegaskan tak perlu lagi ada modifikasi di skuat mudanya, di mana lima di antara mereka telah terkena kartu kuning yang artinya akan membuatnya absen di pertandingan berikutnya.

Duel antara Ghana versus Tim Panser juga menjadi pertandingan paling dinanti publik Jerman serta penikmat sepak bola di seluruh dunia. Ini untuk kali pertama publik Jerman akan “berhadapan” dengan “musuh” utama mereka, Kevin-Prince Boateng.

Sejak tekling horornya terhadap kapten Jerman, Michael Ballack, yang memaksa pemain Chelsea tersebut gagal tampil di PD 2010, Boateng telah menjadi sosok yang paling dibenci oleh warga Jerman.

Saat Jerman harus memutuskan siapa yang akan menjadi goal getter mereka, Ghana tinggal membutuhkan hasil seri di laga terakhir untuk memastikan tiket ke 16 Besar. Wakil Afrika ini telah memeragakan teknik bertahan secara mengesankan.

Hanya, sejauh ini mereka masih mandul di lini depan. Mereka juga membutuhkan sebuah tendangan penalti dari Asamoah Gyan untuk mengalahkan Serbia 1-0, kemudian hanya bermain seri 1-1 melawan 10 pemain Australia.

“Kami hanya mencetak dua gol dari titik penalti, namun kami akan memperbaiki hal itu di permainan berikutnya,” tegas pelatih Milovan Rajevac, yang sadar betul timnya selalu gagal mencetak lebih dari satu gol di setiap pertandingan dalam 12 laga terakhir.

Pada laga melawan Jerman nanti, Rajevac bisa membawa Asamoah Gyan, yang akan didorong oleh striker bayangan atau gelandang Sulley Ali Muntari. Formasi ini sangat mungkin bisa memecah kemandulan Ghana selama ini.

“Kami telah menyia-nyiakan banyak kesempatan mencetak gol, tapi kami harus menghindari hal ini pada pertandingan berikutnya. Kami akan memperbaiki kesalahan tersebut saat melawan Jerman,” kata Asamoah.

Di lini belakang, Ghana juga bisa memainkan kembali defender sarat pengalaman seperti John Mensah yang telah kembali dari cedera saat Vorsah Ishak masih diragukan tampil. “Jerman memang tim kuat dan berpengalaman, tapi mereka juga punya kelemahan,” tegas defender Hans Sarpei.

Perkiraan susunan pemain

Ghana (4-4-2):
1-Richard Kingson, 4-John Pantsil, 5-John Mensah, *19-Lee Addy, 2-Hans Sarpei, *6-Anthony Annan, 21-Kwadwo Asamoah, 13-Dede Ayew, 23-Kevin-Prince Boateng, 3-Asamoah Gyan, *12-Prince Tagoe

Jerman (4-4-2): 1-Manuel Neuer, 3-Arne Friedrich, 17-Per Mertesacker, 14-Holger Badstuber, *16-Philipp Lahm, *6-Sami Khedira, *7-Bastian Schweinsteiger, *8-Mesut Ozil, 13-Thomas Mueller, 10-Lukas Podolski, *19-Cacau
Ket: *) Telah menerima kartu kuning.

JIBI/SOLOPOS/who

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya