SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Rustenburg – Ghana sukses melangkah ke perempatfinal seusai menyingkirkan Amerika Serikat di babak 16 besar. The Black Stars menang 2-1 lewat babak extra time.

Dalam laga yang dihelat di Royal Bafokeng Stadium, Minggu (27/6) dinihari WIB, Ghana berhasil unggul lewat gol Kevin-Prince Boateng di babak pertama. Kemudian disamakan Landon Donovan di babak kedua melalui titik putih.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Hingga berakhirnya waktu normal skor 1-1 dan laga lanjut ke extra time. Di menit ke-93 Asamoah Gyan tampil sebagai pahlawan lewat golnya yang membawa Ghana lolos ke delapan besar.

Di fase selanjutnya Uruguay yang mengalahkan Korea Selatan akan jadi lawan Ghana.

Jalannya pertandingan

Di menit ke-4 AS coba mengancam gawang Ghana, Tendangan keras Clint Dempsey dari luar kotak penalti masoih bisa ditepis Richard Kingson.

Namun Ghana-lah yang mampu mencetak gol lebih dulu di menit ke-5. Dari tengah lapangan Kevin Prince Boateng membawa bola sendiri dan tanpa mampu dicegah pemain belakang AS, Kevin-Prince menceploskan si kulit bundar ke gawang Tim Howard.

Di menit ke-18 Ghana mendapat peluang lagi. Sepakan bebas Asamoah Gyan dari sisi kanan pertahanan AS langsung mengarah ke gawang yang membuat Howard harus terbang untuk meninju bola tersebut.

Di menit ke-34 AS menyerang pertahanan Ghan dan Robie Findley yang mendapat bola melepaskan sepakan datar keras namun masih tertahan kaki Kingson.

Umpan Gyan di menit ke-37 diterima Kwadwo Asamoah dan Asamoah sambil dibayangi Jay DeMerit melepaskan tembakan mengarah ke gawang tapi Howard dengan gemilang menepisnya.

Hingga turun minum skor 1-0 tetap bertahan.

Semenit usai restart AS melakukan serangan cepat ke jantung pertahanan Ghana. Jozy Altidore yang mendapat bola daerah menggulirkan bola ke Benny Feilhaber yang dengan satu sentuhan menyepak bola namun Kingson dengan sigap menepisnya.

Laga memasuki menit ke-62 AS mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran Jonathan Mensah kepada Dempsey. Donovan yang maju sebagai eksekutor sukses menyarangkan si kulit bundar dan AS menyamakan kedudukan 1-1.

Pada menit ke-80 AS punya peluang emas berbalik unggul. Altidore yang mendapat bola di kotak penalti sambil dikawal satu pemain melepaskan tembakan yang masih melebar di sisi kiri gawang Kingson.

Skor 1-1- masih bertahan hingga usainya waktu normal. Maka pertandingan pun dilanjutkan perpanjangan waktu.

Gyan! Penyerang Ghana itu membawa timnya kembali memimpin di menit ke-93. Mendapat umpan lambung dari Dede Ayew, Gyan mengontrol bola dengan dadanya dan menaklukkan Carlos Bocanegra dalam duel satu lawan satu sebelum melepaskan tembakan kaki kiri keras ke pojok atas gawang Howard.

AS berusaha menyerang pertahanan Ghana hingga menit-menit terakhir. Namun ketangguhan Kingson dan rapatnya barisan pertahanan membuat AS kesulitan dan skor 2-1 bertahan hingga peluit panjang berbunyi. Ghana lolos ke perempatfinal pertama kalinya.

Susunan pemain

AS: 1-Tim Howard; 6-Steve Cherundolo, 15-Jay DeMerit, 12-Jonathan Bornstein, 3-Carlos Bocanegra; 10-Landon Donovan, 4-Michael Bradley, 13-Ricardo Clark (19-Maurice Edu 31′), 8-Clint Dempsey; 17-Jozy Altidore (9-Hercule Gomez 90′), 20-Robie Findley (22-Benny Feilhaber 45′).

Ghana: 22-Richard Kingson; 4-John Pantsil, 8-Jonathan Mensah, 5-John Mensah, 2-Hans Sarpei (19- Lee Addy 72′); 6-Anthony Annan, 7-Samuel Inkoom (11-Sulley Muntari 111′), 23-Kevin-Prince Boateng (10-Stephane Appiah 78′), 13-Dede Ayew; 21-Kwadwo Asamoah, 3-Asamoah Gyan. (mrp/key)


dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya