SOLOPOS.COM - Geti Wijen Khas Wonogiri. (Istimewa/Instagram @goli_snacker)

Solopos.com, WONOGIRI — Geti merupakan salah satu makanan khas wonogiri. Geti dapat terbuat dari kacang tanah maupun wijen.

Dilansir dari artikel jurnal berjudul Pemberian Alat Pengemasan dan Pelatihan Peningkatan Kualitas Makanan Khas Geti di Desa Purwosari Kabupaten Wonogiri, Kamis (21/7/2022), geti berasal dari paduan rebusan gula merah yang dicampur dengan kacang tanah atau wijen. Jurnal tersebut merupakan karya dari Nurafidah, dkk tahun 2021.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Setelah dicampur, geti kemudian dikeringkan. Geti mempunyai rasa manis dari gula dan sedikit gurih dari kacang tanah atau wijen.

Bahkan beberapa geti menambahkan jahe yang menambah keunikan rasa geti. Geti berasal dari ungkapan digeget kroso ning ati atau dalam bahasa Indonesia, digigit terasa di hati.

Dilansir dari adira.co.id, Kamis (21/07/2022), geti mulai dijadikan sebagai industri rumah tangga dan dipasarkan pada tahun 1950-an. Sebelum dipasarkan ke berbagai daerah, geti sudah lama dikonsumsi oleh warga Kabupaten Wonogiri.

Baca Juga: Pernah Coba Lur? Ini Mi Ayam Legendaris di Wonogiri

Geti merupakan camilan yang cukup mudah dibuat. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan.

Dilansir dari cookpad.com, Kamis (21/07/2022), bahan yang perlu disiapkan saat membikin geti, seperti kacang tanah atau wijen (bisa juga keduanya). Lalu gula merah, gula pasir, margarin, air, dan garam secukupnya.

Setelah itu sangrai kacang tanah dan wijen. Kemudian sisir gula merah. Berikutnya, panaskan margarin. Setelah margarin mencair, masukkan gula merah, gula pasir, dan garam secukupnya.

Masak dengan wajan anti lengket dan api kecil hingga semua bahan menjadi bentuk karamel. Setelah itu tambahkan 1 sendok makan air ke karamel.

Baca Juga: Selain Njawani, Angkringan Sopo Ngiro Wonogiri juga Ramah Disabilitas

Campurkan karamel dengan wijen dan kacang tanah. Aduk dengan cepat. Setelah tercampur rata, angkat dan letakkan di atas kertas roti. Pipihkan geti dan potong-potong sesuai selera selagi masih hangat.

Jika tidak ingin membuat sendiri, anda dapat membeli geti. Harga geti terbilang cukup murah, yaitu di rentang Rp5.000 hingga Rp7.000. Selain itu, geti dapat mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh khas Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya