SOLOPOS.COM - Sawo (agrikaindoraya.com)

Sawo (agrikaindoraya.com)

Diare termasuk penyakit umum yang bisa menyerang kapan saja. Berbagai obat herbal bermanfaat menghentikannya. Di antaranya getah sawo muda sekaligus daunnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Sawo matang memiliki kulit berwarna cokelat mirip dengan daging buahnya. Jika masih setengah matang, buah sama berwarna kehijauan dan lebih keras buahnya. ”Sawo ijo atau yang masih muda lebih banyak getahnya, rasanya sepet,” kata pengelola kebun obat, Syarifudin, di Jetis, Jogja, Senin (10/12/2012).

 

Syarifudin mengatakan, getah pada sawo muda bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk membantu menghentikan diare. ”Biasanya sawo diparut dan disaring air matang lalu minum sampai diare mampet,” lanjut dia.

 

Daging buah yang matang memiliki rasa yang manis dan banyak air. Kulitnya bisa ikut dimakan dengan tekstur agak kasar. Namun, pada daging buah setengah matang rasa yang dominan justru getah yang kesat dan terasa tebal di lidah.

 

Selain manfaat getah pada sawo muda, menurut Syarifudin, untuk obat diare bisa juga memanfaatkan daun sawo. Apalagi, jika diare diderita saat pohon sawo belum berbuah. Daun sawo dimanfaatkan dengan cara diseduh air panas hingga air berwarna kekuningan dan minum sesegera mungkin.

 

Berdasarkan penelitian, daun dan batang sawo mengandung flavonoida. Pada daun juga terkandung saponin. Flavonoida dan saponin itulah yang memiliki peran dalam menyerap air dalam tubuh dan menghambat diare. ”Sementara, gula alaminya terdiri dari fruktosa dan sukrosa yang bisa menambah energi,” ujar konsultan gizi Jogja, Nurwanti di kompleks UGM, kemarin.

 

Sawo diketahui memiliki kandungan serat cukup tinggi sehingga bisa menjadi obat sembelit. Penggunaan sebagai pencahar dengan memilih sawo matang dengan kadar air yang lebih tinggi.

 

Selain zat flavonoid dan saponin, sawo juga memiliki kandungan tanin. Kandungan unsur itu bermanfaat sebagai anti peradangan, antivirus, antibakteri, dan antiparasit. Konsumsi tanin secara seimbang berperan pula dalam menjaga kesehatan usus dan pencernaan.

 

Sementara, kandungan vitamin sawo yakni vitamin C dan vitamin A. Vitamin C berperan sebagai antioksidan dan vitamin A penting untuk penglihatan. Sawo diketahui pula memiliki kandungan mineral seperti kalium, besi tembaga. Senyawa ini penting untuk kesehatan proses metabolisme dalam tubuh.

 

Resep Daun dan Sawo untuk Kesehatan

1. Obat diare dari getah sawo
– Ambil sawo muda, belah dan peras
– Gunakan lebih kurang 15 tetes getah buah muda
– Seduh dengan setengah gelas air matang panas
– Minum setidaknya tiga kali sehari selama sakit
– Cara lain bisa dilakukan dengan memarut sawo dan menyaringnya dengan air matang

2. Obat diare dari daun sawo
– Sediakan satu mangkuk daun
– Iris dan seduh dengan dua gelas air panas selama 15 menit
– Minum tiga kali sehari

3. Obat radang mulut dari daun sawo
– Ambil satu mangkuk daun sawo
– Potong-potong lalu seduh dalam dua gelas air bersih, rebus selama 10 menit
– Pakai air hasil rebusan untuk berkumur

4. Obat disentri dari sawo
– Ambil delapan buah sawo muda, cuci bersih
– Kunyah dengan garam secukupnya
– Sedikit demi sedikit ditelan, lalu minum air hangat
– Lakukan dua kali sehari hingga sembuh.



Diolah dari berbagai sumber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya