Gapura Universitas Diponegoro Semarang (Pictagram)

Solopos.com, SOLO – Tiga perguruan tinggi negeri (PTN) di Jawa Tengah (Jateng) paling banyak diminati peserta seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2019. Ketiga PTN tersebut adalah Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Ketiga PTN di Jateng tersebut masuk daftar 10 perguruan tinggi dengan peminat terbanyak di SBMPTN 2019 yang dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Pada siaran pers yang dirilis, Selasa (9/7/2019), UNS Solo menduduki peringkat kedua daftar PTN dengan peminat terbanyak.

Pada SBMPTN 2019 ini, UNS Solo mendapat 48.735 pendaftar dengan daya tampung 3.361 mahasiswa. Undip Semarang berada di urutan ketiga dengan total 48.440 peminat. Sementara daya tampungnya 4.950 mahasiswa, jauh lebih banyak ketimbang UNS Solo. Sedangkan Unnes menempati posisi kelima dengan pendaftar sebanyak 44.970 orang.

Prestasi tiga kampus bergengsi di Jawa Tengah itu patut diacungi jempol. Sebab, ketiga PTN itu nyatanya lebih diminati ketimbang Universitas Indonesia (UI) atau Universitas Gadjah Mada (UGM) yang namanya cukup terkenal di dunia pendidikan Indonesia. Menariknya lagi, UI dan UGM tidak termasuk dalam 10 PTN dengan peminat terbanyak di SBMPTN 2019.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten