Tutup Iklan
Sejumlah orang yang tergabung dalam Keluarga Besar Masyarakat Melanesia di Surabaya berunjuk rasa di depan kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya Jalan Kidal, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (29/8/2019).(Antara-Didik Suhartono)

Solopos.com, JAKARTA -- Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria menyambut baik usulan agar Presiden Jokowi sementara berkantor di https://solopos.com/topic/1987/papua" target="_blank" rel="noopener">Papua. Tujuannya agar lebih bisa fokus dalam menyelesaikan kerusuhan yang tak kunjung usai.

Riza menilai usulan Jokowi ngantor di Papua bagus, apalagi melihat perolehan suara Jokowi dalam Pemilihan Presiden 2019 yang mencapai 90 persen di sana.

"Jadi kalau Pak Jokowi, ada yang mengusulkan, memungkinkan berkantor di Papua, saya kira itu sesuatu yang baik. Apalagi Pak Jokowi menang mutlak di situ, 90 persen lebih, sebagai pemimpin yang dipilih oleh rakyat https://solopos.com/topic/1987/papua" target="_blank" rel="noopener">Papua khususnya dengan menang banyak, saya kira kan harus dekat," kata Riza di kompleks DPR, Jumat (30/8/2019).

Dia sempat menyebut nama Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga pernah berkantor di Daerah Istimewa Yogyakarta ketika terjadi bencana alam di daerah itu. SBY pernah pindah kantor ketika musibah gempa terjadi pada 26 Mei 2006 silam. SBY juga kembali ngantor tepatnya di Istana Kepresidenan Yogyakarta saat Gunung Merapi meletus.

Menurutnya, minimal Jokowi beserta jajarannya bisa berangkat ke Papua untuk mendengar langsung apa yang dikeluhkan oleh masyarakat. Dengan turunnya Jokowi ke tanah Papua, Riza menilai pemerintah akan lebih mudah untuk mencari solusi dari kerusuhan Papua yang tak kunjung usai.

"Untuk melihat langsung, mendengar apa yang menjadi keluhan masyarakat, apa yang terjadi sesungguhnya, melihat langsung dan mendengar langsung, kenapa masyarakat di sana begitu kecewa, apa masalahnya, dan bagaimana mengatasinya," ujarnya.

"Saya kira sesuatu yang baik, kami sarankan presiden untuk segera ke Papua, kalau bisa berkantor di Papua dalam beberapa hari ini juga baik," tandasnya.

Untuk diketahui, Anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra Andre Rosiade mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera berkantor di Papua demi menyelesaikan masalah.

Bukan hanya Jokowi yang diusulkan Andre, tapi juga jajaran kabinet Indonesia Kerja. Usulan Andre itu tidak terlepas dari peroleh suara Jokowi dalam Pilpres 2019 di https://solopos.com/topic/1987/papua" target="_blank" rel="noopener">Papua yang disebutnya hingga 90 persen.

Avatar
Editor:
Adib M Asfar

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten