SOLOPOS.COM - Ilustrasi (museumastronomi.com)

Ilustrasi (museumastronomi.com)

BANDUNG – Kaum muslim di kawasan Bandung selatan menggelar Shalat Gerhana Matahari di masjid di lingkungan masing-masing, Jumat pagi.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Shalat gerhana di Masjid Agung Bandung dilakukan tadi diikuti jamaah setelah Shalat Subuh,” kata Mustopa, pengurus DKM Masjid Raya Jabar. Gerhana matahari sebagian terjadi di wilayah Jawa, terjadi mulai pukul 06.00 WIB dimana matahari yang baru terbit hanya terlihat sepertiga bagian.

Sementara itu cuaca di kawasan Bandung selatan yang sejak pukul 05.30 WIB cukup cerah, menjadi seperti berkabut pada saat memasuki saat-saat gerhana matahari sebagian itu. Suara Takbir dikumandangkan oleh kaum muslim dari masjid-masjid melalui pangeras suara sebagai tanda terjadinya fenomena alam yang menunjukkan keagungan Allah SWT.

“Gerhana matahari merupakan fanomena alam yang menunjukkan keagunggan Allah SWT sebagai Maha Pencipta,” kata Ustadz Iyep Diymati pimpinan DKM Al-Ikhwan di Ciparay Kabupaten Bandung. Selepas Shalat Subuh, kaum muslim tetap berada di masjid sambil berdoa dan dzikir. Sebagian warga keluar rumah untuk melihat munculnya matahari yang dua pertiganya terhalang bayangan bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya