SOLOPOS.COM - ilustrasi (google)

Gerhana matahari total bakal melintasi 12 provinsi di Tanah Air.

Solopos.com, JAKARTA – Sejumlah gubenur yang wilayahnya bakal dilintasi gerhana matahari total (GMT) pada Maret 2016 gencar mempromosikan pariwisata gerhana. Untuk diketahui, GMT bakal melintasi 12 provinsi di Tanah Air pada 9 Maret mendatang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kalau tidak dioptimalkan, di 12 provinsi yang dilintasi gerhana, sayang sekali. Kesempatan langka yang hanya hadir setiap 350 tahun sekali,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya melalui surat elektronik yang diterima di Jakarta, Kamis (25/2/2016).

Penulis buku Great Spirit, Grand Strategy itu menambahkan ada semangat Indonesia Incorporated pada peristiwa menyambut gerhana matahari total yang akan melintas di 12 provinsi yakni Sumbar, Jambi, Bengkulu, Sumsel, Babel, Kalbar, Kalsel, Kalteng, Kaltim, Sulbar, Sulteng, dan Maluku Utara.

“Kreativitas pengelola tur dan agen perjalanan juga bagus. Mereka membuat banyak paket wisata gerhana matahari total,” kata dia.

Ia mencontohkan salah satu pengelola hotel di Balikpapan, Kalimantan Timur, berusaha mencatatkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan mengusung serba 119 sekaligus menyambut HUT ke-119 Kota Balikpapan.

Asisten General Manager Hotel Blue Sky, Balikpapan, Khairul Anam, mengatakan pihaknya menggelar nonton bareng gerhana matahari total dan menyediakan 2.119 roti mantau segar untuk dimakan secara gratis.

Bahan utama pembuatan mantau juga berjumlah 119. Tepung yang disediakan berbobotnya 119 kilogram, minyak untuk mengorengnya pun 119 liter.

“Kami mengundang warga Balikpapan ramai-ramai datang saat saat acara nanti berbarengan dengan nonton bersama gerhana,” katanya.

Pada bagian lain, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menargetkan 5.000 wisatawan datang dan tinggal di daerah itu saat gerhana matahari total.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (Disporbudpar) Provinsi Kalimantan Selatan Mohandas Herno Hendrawan menyebutkan para wisatawan juga akan disuguhkan berbagai atraksi wisata.

Ia mengatakan di Tanjung (Kabupaten Tabalong), Amuntai (Kabupaten Hulu Sungai Utara), di Paringin (Kabupaten Balangan), Banjarbaru, dan Kota Banjarmasin yang terlintasi gerhana matahari total di Kalsel, akan berlangsung acara khusus yakni salat sunah berjamaah dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

“Akan kami kombinasikan antara event dan religi. Kami akan Salat Gerhana karena itu disunahkan. Lalu disambung dengan musikalisasi puisi dan teater,” katanya.

Mohandas Herno Hendrawan menambahkan pada peristiwa itu juga akan berlangsung festival kuliner, pertunjukan musik dan tari di Taman Siring dan Menara Pandang di tepian Sungai Martapura.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya