SOLOPOS.COM - Ilustrasi gerhana matahari (nasa.com)

Gerhana matahari tahun 2016 ini bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia, termasuk yang berada di wilayah Kabupaten Semarang.

Semarangpos.com, UNGARAN – Pemerintah Kabupaten Semarang memang tidak seperti daerah-daerah lain yang menyambut fenomena gerhana matahari sebagian (GMS) dengan meyediakan spot untuk menonton bareng. Meski demikian, ada beberapa lokasi di Kabupaten Semarang yang diyakini menjadi tempat yang menarik untuk menyaksikan fenomena alam yang terakhir kali terjadi di wilayah itu pada 33 tahun silam tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rabu (9 /3/2016) ini, sebanyak 12 provinsi di Indonesia akan mengalami gerhana matahari total (GMT). Sementara, daerah-daerah lainnya mengalami gerhana secara parsial, seperti Kabupaten Semarang yang diperkirakan sama seperti Kota Semarang yang akan mengalami gerhana matahari sebagian (GMS) dengan muka matahari yang tertutup bayangan bulan mencapai 84,80%.

GMS di Kabupaten Semarang itu diprediksi terjadi mulai pukul 06.20 WIB hingga 08.36 WIB. Namun, berbeda dengan Kota Semarang yang menyambut gerhana dengan memberikan spot menonton bareng di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Kabupaten Semarang tidak menyediakan spot semacam itu. Meski demikian, bukan berarti tidak ada spot yang cukup menarik di Kabupaten Semarang yang bisa digunakan untuk menyaksikan fenomena alam itu.

Di mana sajakah tempat-tempat di Kabupaten Semarang yang bisa digunakan untuk menyaksikan gerhana matahari sembagian (GMS) itu? Berikut ini tiga tempat itu berdasarkan penjelasan dari Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Semarang.

  1. Desa Wisata Sepakung, Banyubiru
    Desa wisata Sepakung di Kecamatan Banyubiru memang memiliki panorama yang cukup indah. Pada hari-hari biasa lokasi ini acap dikunjungi wisatawan karena menyajikan pemandangan yang indah. Dari desa ini, bisa menyaksikan pemandangan secara langsung puncak Telomoyo maupun Gunung Merbabu. Dengan kondisi alam itu, maka tempat ini memang layak menjadi salah satu lokasi untuk menyaksikan fenomena GMS.
  2. Elingbening, Ambarawa
    Elingbening di Kecamatan Ambarawa merupakan kawasan wisata yang terletak di salah satu sisi Rawa Pening. Sehingga secara panorama alam, lokasi ini menyajikan banyak keindahan, baik saat sunset maupun sunrise. Jadi sudah pasti, lokasi ini juga akan menyajikan pemandangan yang menarik saat gerhana matahari nanti.
  3. Candi Gedongsongo
    Candi Gedongsongo terletak di Kecamatan Bandungan, tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Kepala Seksi (Kasi) Daya Tarik Wisata (DTW) Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Semarang, Errita, mengaku di antara tempat-tempat yang paling cocok di Kabupaten Semarang untuk menyaksikan gerhana matahari adalah Candi Gedongsongo.

“Enggak perlu naik ke candi teratas [delapan] kalau mau menonton gerhana matahari total di Gedongsongo. Naik sampai ke candi ketiga atau keempat saja sudah cukup. Dari situ fenomena gerhana mataharinya sudah cukup jelas terlihat,” ujar Errita saat dijumpai Semarangpos.com di ruang kerjanya, Selasa (8/3/2016). (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya