SOLOPOS.COM - Ilustrasi gerhana matahari (timeanddate.com)

Gerhana matahari diduga BMKG bisa dilihat jelas oleh warga Jateng. Begini prakiraan cuacanya.

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca Jawa Tengah (Jateng) secara umum cerah pada saat terjadi gerhana matahari total (GMT), Rabu (9/3/2016).

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Seperti kerap diberitakan, para astronom menduga matahari di angkasa Jateng bakal tertutupi bayangan bulan 80%-90% pada saat gerhana matahari total (GMT) terjadi di sebagian lauin wilayah Indonesia. Di wilayah Jateng, gerhana matahari diperkirakan terjadi mulai pukul 06.20 WIB dan berakhir sekitar 08.35 WIB.

“Pada sekitar pukul 05.00 WIB ada sedikit berawan,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Reni Kraningtyas, sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, Selasa (8/3/2016).

Meski demikian, imbuhnya, pada rentang waktu gerhana matahari, mulai pukul 06.20 WIB hingga sekitar 08.35 WIB, cuaca diperkirakan cerah. Namun, sambungnyam kondisi wilayah Jawa Tengah setelah pukul 10.00 WIB diperkirakan akan kembali berawan.

Diterangkan Reni Kraningtyas, untuk wilayah Semarang, BMKG tidak melakukan pengamatan mengingat di wilayah tersebut hanya ada stasiun klimatologi. “Menurut rencana yang ada rencana pengamatan di Stasiun Geofisika Yogyakarta,” katanya.

Pengamatan GMT, sebagaimana diberitakan Semarangpos.com, salah satunya akan digelar di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah. Penyelenggara kegiatan tersebut menyiapkan kacamata khusus untuk menyaksikan fenomena alam tersebut yang dijual dengan harga Rp30.000/buah.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya