SOLOPOS.COM - gerhana ilustrasi (artsoul.homestead.com)

Gerhana matahari total akan melewati Indonesia pada 2016 mendatang.

Solopos.com, JAKARTA – Indonesia akan menyaksikan fenomena alam besar pada 2016 mendatang. Gerhana matahari total dipastikan akan terjadi di Indonesia tepatnya pada 9 Maret 2016.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Menariknya, peristiwa langka itu hanya terjadi di Indonesia dan tidak bisa disaksikan di negara lain. Fenomena alam yang akan terjadi tahun depan ini dianggap cukup istimewa lantaran hanya terjadi 33 tahun sekali.

“Gerhana matahari total [di Indonesia] terakhir tahun 1983, habis ini baru [terjadi lagi] 33 tahun lagi,” beber Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo seperti dilansir Liputan6.com, Selasa (7/7/2015).

“[Gerhana matahari total] ini cuma lewat di wilayah kita. Isu ini sudah terdengar di seluruh dunia,” sambung Indroyono.

Sumber informasi menyebutkan ada beberapa wilayah yang akan dilewati gerhana matahari total di Indonesia. Wilayah itu antara lain, Palembang, Bangka Belitung, Palangkaraya, Palu, Ternate, dan Tidore.

“Setiap gerhana matahari itu unik karena hanya melintas daerah-daerah tertentu saja,” ujar Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin.

Thomas menambahkan durasi gerhana matahari total di Indonesia bervariasi. Di daratan Indonesia gerhana matahari total bisa dinikmati selama 1 sampai 3 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya