SOLOPOS.COM - Seorang warga menuntun seekor unta di Gaotai, Gansu, China, Jumat (1/8/2008) lalu, berlatar belakang pemandangan gerhana matahari. Gerhana matahari terlihat di China dan Kanada. (Dok/JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Seorang warga menuntun seekor unta di Gaotai, Gansu, China, Jumat (1/8/2008) lalu, berlatar belakang pemandangan gerhana matahari. Gerhana matahari terlihat di China dan Kanada. (Dok/JIBI/SOLOPOS/Reuters)

JAKARTA—Bila langit cerah, Jumat (10/5/2013) pagi besok, seluruh wilayah Indonesia bisa menyaksikan gerhana matahari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Laman bmkg.go.id, menyebutkan Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan terjadi pada Kamis-Jumat (9-10/5/2013). Di Indonesia kecuali Sumatra bagian Utara akan berupa gerhana matahari sebagian (GMS), pada Jumat (10/5/2013) besok pagi.

Sementara itu,Ilmuan Astronomi-Astrofisika Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin seperti diberitakan situs metrotvnews.com, gerhana matahari sebagian itu, merupakan fenomena tahunan matahari yang wajar dan dapat dinikmati dari berbagai belahan bumi tergantung tempat terjadinya.

“Tahun ini kebetulan gerhana sebagian terjadi di atas wilayah sisi timur pasifik termasuk hampir seluruh Indonesia kecuali Sumatra bagian utara,” ujar Thomas saat dihubungi Kamis (9/5).

Bila langit cerah, ujar Thomas, gerhana matahari setengah tersebut bisa dinikmati di wilayah Sumatra hingga Papua.

“Gerhana matahari akan muncul dari langit bagian timur. Jadi, saat tiba di Sumatra bagian utara, matahari telah terbit sempurna. Sedangkan di atas Sumatra bagian selatan dan Jawa, gerhana matahari sedang sampai puncaknya atau gerhana maksimum, itu sebabnya di wilayah tersebut gerhana matahari bisa dinikmati pada saat maksimum saja,” jelas Thomas.

Sementara Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Papua dapat menyaksikan gerhana maksimum. “Dari Kalimantan, awal gerhana saat matahari terbit. Jadi Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua bisa menyaksikan gerhana sejak awal sampai akhir,” jelas Thomas.

Inilah waktu (jam) teramatinya gerhana di sejumlah wilayah di Indonesia.

http://bit.ly/13EaYwq

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya