SOLOPOS.COM - Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati (kanan) bercengkerama dengan balita saat mencanangkan Gerakan Mondokan Besti di Kecamatan Mondokan, pekan lalu. (Istimewa/Agus Endarto)

Solopos.com, SRAGEN — Puskesmas Mondokan, Sragen, kini memiliki program pengentasan stunting bernama Gerakan Mondokan Besti atau Mondokan Bebas Stunting. Di Mondokan, masih ada 402 kasus stunting.

Pencanangan Gerakan Mondokam Besti dilakukan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati pada pekan lalu. Dalam pencanangan itu membagikan bantuan untuk 100 balita stunting di Mondokan. Bantuan itu berupa makanan sumber protein.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Petugas Gizi Puskesmas Mondokan, Desy Ari Cahyani, mengatakan Mondokan Besti dilakukan dengan penguatan empat program. Di antaranya revitalisasi posyandu remaja dan gerakan minum tablet Fe untuk remaja, dan memberikan anggaran desa untuk penurunan stunting. Kemudian program bimbingan calon pengantin oleh puskesmas dan kantor urusan agama (KUA) serta koordinasi lintas sektoral dalam penurunan stunting; dan pemberdayaan kader Jikajiting (siji kader siji stunting).

Ekspedisi Mudik 2024

“Program remaja dilakukan lewat posyandu remaja yang dimulai 2022 di dua desa. Pada 2023 ini bertambah menjadi empat desa, yakni Kedawung, Trombol, Tempelrejo, dan Jekani. Posyandu remaja  dianggarkan dengan dana desa” jelasnya.

Camat Mondokan, Agus Endarto, mengatakan Gerakan Mondokan Besti dilakukan karena masih tingginya angka stunting di wilayahnya. “Gerakan itu merupakam gerakan untuk realisasi program pemerintah dan rakyat untuk menurunkan stunting,” ujarnya.

Fokus dari Gerakan Mondokan Besti ini adalah program penurunan stunting; cegah dan hindari anemia remaja; ternak mentok untuk meningkatkan gizi keluarga; dan Jikajiting. Gerakan itu harus dilakukan oleh semua ihak secara gotong-royong untuk masa depan bangsa.

Agus menyebut tren stunting di Mondokan turun dari 2019 di angka 23,90% menjadi 16,65% di 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya