SOLOPOS.COM - (bisnis-jabar)

(bisnis-jabar)

Semarang (Solopos.com)–Gerakan Beli Indonesia segera me-launching ritel house, toko semacam minimarket moderen yang khusus menyajikan produk-produk lokal.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Tokoh gerakan Beli Indonesia Jawa Tengah, yang juga Ketua Indonesia Islamic Business Forum (IIBF) Jawa Tengah, Joni Iszunaji, menerangkan ritel house perdana rencananya di-launching di Pekalongan, akhir Juli atau awal Agustus.  “Kami sudah ada kesepakatan dengan Walikota Pekalongan, tangal 17 Juli kami kumpulkan pengusaha lokal untuk membicarakan ritel house ini. Saya harap paling tidak awal Agustus sudah siap launching,” ungkap Joni, saat dihubungi Espos Rabu (29/6/2011).

Konsep ritel house, jelas dia, tidak serta merta meniru konsep ritel moderen. Dia menjelaskan, pihaknya akan melatih para pemilik toko atau pengusaha lokal untuk mengubah manajemen pengelolaan toko. Toko yang dipakai pun tidak perlu seluas ritel moderen, melainkan secukupnya, bisa pakai garasi atau toko kelontong yang telah dipunyai sebelumnya. Untuk modal awal, Joni menyebut paling tidak hanya dibutuhkan modal Rp 5 juta-Rp 10 juta. “

Hal prinsip dari ritel house ini, sambung Joni, adalah jaminan bahwa ritel house hanya menyajikan produk lokal. Pihaknya akan memberi pengarahan pula mengenai aneka macam produk lokal dan di mana produk tersebut bisa diperoleh. Selain itu, para pelaku usaha calon pemilik ritel house juga dibina memilah produk mana yang termasuk produk lokal dan mana produk dari perusahaan asing.

(tsa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya