SOLOPOS.COM - Penyerahan bantuan dari Semen Gresik kepada korban banjir di Kabupaten Demak, Jateng. (Istimewa)

Solopos.com, DEMAK — Bencana banjir yang masih melanda Kabupaten Demak dan wilayah lain di Jawa Tengah (Jateng) membuat para korban membutuhkan penanganan dan perhatian yang besar. Semen Gresik melalui unit corporate social responsibility (CSR) cepat tanggap memberikan bantuan logistik dan APD kepada korban banjir di Desa Sidorejo, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

Tingginya intensitas hujan menyebabkan banjir setinggi 60 cm yang melanda 1.683 KK di enam dukuh, yakni Karanggawang, Kuripan, Bugangan, Karang Waru, Sampit, dan Patar. Total kerugian mencapai miliaran rupiah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Biro Insfrastruktur dan Sumber Daya Alam Setda Jateng, Dadang Somantri, hadir serta meresmikan penyaluran bantuan langsung perusahaan produsen semen tersebut kepada perangkat Desa Sidorejo.

Baca Juga: Sudah 10 Hari Mulut Luweng di Pracimantoro Wonogiri Belum Juga Ditemukan, Warga Tak Menyerah!

Dadang menyampaikan rasa prihatin kepada seluruh masyarakat Desa Sidorejo, khususnya bagi 447 KK di empat dusun dengan kondisi terparah.

Dadang juga memberikan gambaran perihal terbatasnya akses keluar masuk dan kondisi rumah yang terendam banjir di wilayah empat dusun tersebut yang hanya dapat dilewati dengan berjalan di atas dua bambu penyeberangan.

"Saya atas nama Pemprov dari Biro Infrastruktur dan SDA, sangat berterima kasih kepada Semen Gresik atas bantuan yang diberikan. Kondisi seperti ini memang membutuhkan upaya empati dan perhatian yang besar secara bersama-sama dari seluruh lapisan masyarakat. Sekali lagi terima kasih Semen Gresik yang sudah jauh-jauh dari Rembang memberikan perhatian kepada kita dengan sangat maksimal," jelas Dadang Somatri.

Baca Juga: Xiaomi Mi 11 Ultra Bakal Pakai Kamera Canggih 50MP

Kepala Unit Komunikasi dan CSR PT Semen Gresik, Dharma Sunyata, melihat kondisi wilayah terdampak banjir di Desa Sidorejo sangat memprihatinkan.

Tepat dan Terukur

Melalui Semen Gresik Peduli Tanggap Bencana, logistik dapur umum dikirimkan secara tepat dan terukur.

"Bantuan yang kami salurkan ini merupakan bentuk komitmen Semen Gresik dalam mengoptimalkan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat yang tertimpa bencana dan musibah. Terutama dalam membantu meringankan beban para korban bencana alam di tengah pandemi Covid-19. Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat dioptimalkan sebaik mungkin," Kara Dharma Sunyata dalam siaran persnya, Minggu, (14/2/2020).

Selain itu, sebagai bagian dari Satuan tugas (Satgas) BUMN Tanggap Bencana Nasional Penanggulangan Covid-19 di wilayah Jateng, Semen Gresik juga menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker dan kebutuhan lainnya.

Baca Juga: Duh, Data Pribadi di Tiktok Rawan Dicuri Hacker

Semen Gresik secara proaktif tetap mematuhi protokol kesehatan ketika proses penyaluran bantuan secara langsung.

Kepala Desa Sidorejo, Muhammadin, menyampaikan kesulitan yang cukup berat dalam menghadapi bencana banjir ini. Luasnya wilayah Desa memberikan tantangan yang cukup sulit dalam proses penyaluran bantuan.

"Desa kami cukup luas dan banyak, terdapat total 1.956 KK. Kondisi curah hujan yang tinggi dan ditambah lagi air yang sangat lama surutnya, menyebabkan jalan berlumut dan jalan keluar sangat sulit diakses, maka dari itu yang sangat kami butuhkan adalah bantuan logistik," jelasnya.

Baca Juga: Cara Ampuh Atasi Fobia Jarum Suntik

Muhammadin juga menyampaikan bahwa kondisi banjir merusak lahan pertanian dan tambak milik masyarakat, dan di tengah kondisi pandemi mengakibatkan tingginya angka pengangguran bagi masyarakat desa, sehingga beragam bantuan memang sangat dibutuhkan.

"Kami sangat berterima kasih atas bantuan dari Semen Gresik yang sudah membantu kami dari sisi logistik dan bantuan lainnya, semoga bantuan ini dapat menjadi berkah bagi kita semua," kata Muhammadin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya