SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Genting tak hanya berfungsi melindungi rumah dari segala cuaca, tapi juga menambah keindahan bangunan. Warna yang menarih bahkan digunakan sebagian besar pengembang perumahan untuk mengikat hati calon pembeli.
 
Selain kualitas genting, bentuk dan ukuran juga menjadi bahan pertimbangan pemilihan genting. Salah satunya bentuk genting yang besar ternyata dapat menambah kesan ketegasan dan memberikan kesan lebih kokoh pada bangunan.

Hasim Wahid, pemiliki usaha UD. Multi Genteng, pada Harian Jogja, Kamis (6/10) menyebutkan jika genting tipe besar dengan lebar menjadi incaran masyarakat saat ini. Ukurannya genting yang lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran genting yang berukuran konfensional (kecil), dianggap lebih efisien serta ekonomis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Genting yang berukuran besar satu meter perseginya membutuhkan 18 biji, sedangkan genting yang lama [kecil] membutuhkan 25 biji,” ungkap  Hasim.

Genting yang ukurannya besar lebih ekonomis karena hanya membutuhkan jumlah yang lebih sedikit untuk memenuhi ruang dibagian atas bangunan. Selain itu, ukuran genting yang besar ternyata menghemat penggunaan kayu reng yang berfungsi menyangga genteng di setiap ruasnya. Kondisi ini membuat pengeluaran lebih hemat karena penggunaan kayu reng di bagian atap rumah menjadi lebih sedikit.

Setelah munculnya tipe genteng yang lebih lebar dan kokoh, kini hadir pula pilihan genting yang menggunakan glasir atau lapisan yang biasa digunakan untuk melapisi permukaan bahan keramik dibagian atas genting.

Genting yang menggunakan tambahan bahan glasir ini terlihat lebih menarik dengan kilauan lapisan yang nampak pada permukaan genting. Terdapat pula dua warna pilihan, coklat dan transparan yang bisa mempercantik bangunan rumah. “Genteng yang menggunakan glasir lebih terlihat indah dan kuat. Pori-pori genting juga lebih padat sehingga saat hujan dijamin tidak akan bocor,” tambah Hasim.

Tak hanya itu saja, genting yang dilapisi glasir ini diklaim lebih awet, dan tidak akan rusak karena perubahan cuaca. “Termasuk tidak akan lumutan. Selain juga akan tampak indah setelah dipasangkan pada atap rumah, karena kesan cerah dan mengkilap akibat terpantul cahaya matahari,” terang Hasim.

Untuk harga genting sangat variatif tergantung merk serta tempat pembuatannya, yang tentunya memiliki motif serta kelebihan tersendiri di setiap tipenya. Nah, sekarang giliran Anda mau pilih yang mana? Tentunya semua itu dikembalikan sesuai dengan kebutuhan dan kantong anda.

TIPS MERAWAT GENTING
1.Anda harus sering mengecek bagian atap. Ada baiknya sebelum masa hujan datang, diperlukan pengecekan serta perbaikan genting.

2.Untuk mengganti genteng yang rusak, lakukan secara hati-hati. Perhatikan pijakan genteng agar tidak merusak genting di bagian lainnya.

3.Pengecekan idealnya, pemeriksaan dilakukan minimal 2-3 bulan sekali. Hal ini dikarenakan indikasi kerusakan genteng tidak akan langsung menimbulkan kebocoran. Setelah tiga hingga empat kali hujan besar, pada atap yang bocor air akan merembes dan akan mengakibatkan atap menjadi lapuk.

4.Perhatikan pula pada daerah nok atau di bagian ujung genting yang diplester semen. Pasalnya pada bagian tersebut kerap bocor. Prinsipnya, semakin dini diperbaiki, semakin murah biayanya.

5.Untuk daerah tropis, materi yang paling pas adalah genting keramik yang lebih liat menghadapi perubahan cuaca dan suhu. Dan jangan lupa lakukanlah pengecatan ulang bagi genting yang diwarna.
(Wartawan Harian Jogja/Garth Antaqona)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya