SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN — Mesin genset uji KIR Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman terbakar. Kebakaran ini dipicu adanya konsleting listrik pada genset tersebut.

Kepala bidang (Kabid) UPT Pengecek Kendaraan Bermotor (PKB), Marjana mengatakan kebakaran terjadi saat salah seorang petugas akan menyalakan genset tersebut. Tiba-tiba terlihat percikan api dari genset dan petugas langsung memadamkan dengan alat yang ada.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

“Ternyata api malah membesar. Karena sudah di luar kendali, kami menelepon pemadam kebakaran karena asap sudah mengepul ke atas dengan frekuensi yang sangat banyak,” ujar Marjana di lokasi kejadian, Senin (25/3/2013).

Marjana menambahkan, sebelumnya mesin genset berkekuatan 70 KVA atau setara dengan 70.000 watt itu baik-baik saja. Namun pada bulan lalu memang ada terjadi sedikit masalah pada genset, karena akibya tidak bisa berfungsi dengan baik.

Salah satu saksi kebakaran, Agus Widodo mengatakan awalnya, dia akan menghidupkan genset setelah istirahat siang. Mereka akan memulai kembali melakukan uji mesin pada kendaraan yang sudah mengantri.

“Awalnya saya ingin menghidupkan genset, tiba-tiba terlihat ada percikan kecil. Percikan ini menyambar bagian utama mesin dan terlihat kepulan asap. Panik, saya lantas ambil alat pemadam,” jelas Agus.

Agus mengaku setelah disemprot alat pemadam malah asap makin menebal. Seisi ruangan langsung kalang kabut dan berhamburan keluar dari temapt uji kendaraan itu.

“Karena panik semua keluar ruangan dan memanggil pemadam kebakaran. Tidak lebih 30 menit kondisi sudah mulai terkendali,” kata Agus yang mengatakan genset ini untuk menghidupkan break tester dan tes roda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya