Kategori: Sragen

Genius! Siswa SMP SBBS Gemolong Sragen Sabet Perunggu di Kompetisi Sains Nasional 2020


Solopos.com/Muh Khodiq Duhri

Solopos.com, SRAGEN — Prestasi membanggakan diraih Pramudya Karindra Arya Kusuma, siswa SMP Sragen Bilingual Boarding School (SBBS) Gemolong, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Siswa Kelas IX itu berhasil mendapatkan medali perunggu dari ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 bidang IPA.

Arya menjadi salah satu perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah dalam rangkaian KSN 2020 yang berlangsung pada Minggu-Jumat (1-6/11/2020) setelah berhasil lolos dari babak penyisihan.

Meskipun sempat mengalami kendala pada jaringan internet yang membuat Arya kehilangan banyak waktu, ia mampu menyelesaikan seluruh soal-soal yang diberikan dengan baik.

Alhamdulillah, 23 Pasien Positif Covid-19 Klaten Sembuh, Kasus Baru Hanya Tambah 1

"KSN tahun ini memang cukup berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena seluruh rangkaian kegiatannya dilaksanakan secara daring. Oleh sebab itu, kendala jaringan menjadi hal yang dikhawatirkan oleh peserta KSN," papar Kepala SMP SBBS Gemolong Sragen, Aris Sudarmanto, kepada Solopos.com, Rabu (11/11/2020).

Aris menilai prestasi Arya dari ajang KSN 2020 tentu tidak mudah diraih. Jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan kompetisi dimulai, Arya telah mempersiapkan diri dengan baik.

Persiapan sudah dimulai sejak Juli dengan pendampingan guru pembina olimpiade. Bahkan, satu pekan sebelum KSN tingkat nasional dilaksanakan, Arya sempat mengikuti bimbingan secara intensif di Semarang.

Selama 7 Hari, Klaten Dalam Status Tanggap Darurat Erupsi Merapi

"Hasil yang didapatkan dari jerih payahnya pun sangat membanggakan karena ia mampu meraih perunggu dalam kompetisi tingkat nasional itu," ujarnya.

Aris mengapresiasi prestasi yang telah diraih oleh anak didiknya tersebut. Ia bersyukur siswa SMP SBBS Gemolong mampu mengharumkan nama Kabupaten Sragen di kancah nasional.

"Harapannya ini menjadi motivasi bagi adik kelasnya yakni siswa kelas VII dan VIII untuk berprestasi lebih baik lagi," papar Aris.

Share
Dipublikasikan oleh
Ginanjar Saputra