SOLOPOS.COM - Tampak samping Ford Focus RS (atas) dan Honda Civic Type-R (bawah). (Carscoops.com)

Geneva Motor Show menjadi ajang persaingan sengit mobil hatchback  sport Ford Focus RS dan Honda Civic Type-R.

Solopos.com, JENEWA – Perhatian pengunjung Geneva Motor Show (GMS) 2015 tertuju pada mobil hatchback Amerika Serikat, Ford Focus RS dan hatchback Jepang, Honda Civic Type-R. Dengan bentuk dan spesifikasi yang mirip, pantas saja banyak pengunjung yang membanding-bandingkan performa keduanya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Seperti dilansir laman Carscoops, Selasa (10/3/2015), banyak pengunjung GMS 2015 yang menaruh perhatian pada Honda Civic Type-R dan Ford Focus RS. Alasannya sederhana, dari segi bentuk dan spesifikasi, kedua mobil itu tampak sangat mirip meski masing-masing produsen mengklaim produknya lebih unggul.

Berdasarkan survei yang dilakukan Carscoops pada hari pertama GMS 2015, Ford Focus RS disukai oleh 657 pengunjung sedangkan Honda Civic Type-R difavoritkan oleh 372 pengunjung.

Dikutip Solopos.com dari Otomotif Community, Jumat (6/3/2015), Honda Civic Type-R hadir berbalut lekuk bodi dengan aura balap sporty yang kuat. Tak ketinggalan, mesin yang disematkan pun berkapasitas 2.000 cc yang disempurnakan dengan teknologi Honda VTEC Turbo Earth Dreams dan empat silinder direct injection segaris.

Dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan, mesin canggih itu mampu menyemburkan tenaga sebesar 310 hp pada putara 6.500 rpm dengan torsi puncak 400 Nm pada 2.500 rpm. Tak heran, Honda pun berani mengklaim hatchback canggihnya itu hanya membutuhkan waktu 5,7 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam.

Untuk ukuran hatchback, harga jualnya pun terbilang fantastis. Satu unit Honda Civic Type-R varian tertinggi dibanderol 32.295 Pound atau setara Rp643 juta.

Berbeda, pihak Ford Motors justru tak membeberkan spesifikasi lengkap dan harga Ford Focus RS yang mereka pamerkan. Dilansir Detik.com, dalam papan informasi yang terpasang di setiap booth peserta GMS 2015, Ford hanya menuliskan mobil terganasnya itu dibekali mesin 2300 cc turbo charged EcoBoost empat silinder.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin yang juga terpasang pada Ford Mustang teranyar itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 300 hp untuk varian penggerak roda depan. Sedangkan untuk varian all wheels drive, tenaganya lebih kecil beberapa persen.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya