SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO–Generator Railbus Batara Kresna Solo rusak, akibatnya railbus itu untuk sementara tak beroperasi.

Pejabat Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, kepada wartawan, Rabu (10/10/2012), di DPRD Solo, menjelaskan railbus tidak beroperasi hingga Jumat (12/10).

“Kami mohon maaf, railbus mulai hari ini hingga tanggal 12 Oktober perjalanannya batal,” katanya.

Eko mengatakan pembatalan tersebut dilakukan karena generator kereta yang beroperasi untuk rute Sukoharjo-Solo-Jogja tersebut rusak. “Sekarang sudah di PT Inka untuk perbaikan. Tanggal 13 Oktober beroperasi kembali,” terangnya.

Dia menegaskan proses perbaikan bakal berjalan sesuai jadwal sehingga Sabtu (13/10) kereta tersebut bisa kembali beroperasi.

“Yang jelas, kereta ini buatan dalam negeri. Kita harus menghargai buatan dalam negeri. Kualitasnya tentu beda. Tetapi bukan berarti kualitasnya lebih rendah dari buatan luar negeri,” katanya.

Di sisi lain, Eko mengakui animo masyarakat untuk naik railbus belum tinggi. Minimnya animo masyarakat tersebut terutama untuk rute Solo-Sukoharjo.

Dia menerangkan untuk rute Solo-Sukoharjo, satu kali perjalanan jumlah penumpang rata-rata 10% dari total jumlah tempat duduk railbus. Sementara, untuk rute Solo-Jogja jumlah penumpang setiap perjalanan mencapai 50% dari total tempat duduk.

“Railbus terdapat empat gerbong, yang masing-masing berkapasitas 138 kursi. Okupansi kereta idealnya 70% dari tempat duduk yang ada. Jadi okupansi untuk Solo-Sukoharjo masih minim,” katanya.

Eko pun menyampaikan tidak mengetahui penyebab masih minimnya animo masyarakat untuk naik railbus. Hanya saja, pihaknya berharap adanya peran pemkot agar animo masyarakat untuk naik railbus meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya