SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Gendar pecel merupakan kuliner tradisional yang populer di kawasan Salatiga, Boyolali, dan Solo, Jawa Tengah. Komposisi gendar pecel terdiri dari aneka sayuran hijau ditambah saus kacang dan gendar.

Sama seperti pecel pada umumnya, sayuran yang dipakai sebagai isian gendar pecel adalah bayam, kangkung, kacang panjang, kecipir, bunga turi, kenikir, hingga tauge. Semua sayuran itu disiram saus kacang yang terbuat dari kacang tanah goreng, gula merah, kencur, bawang putih, daun jeruk purut, dan cabai. Perbedaannya pada tambahan gendar sebagai pendamping pecel.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (31/8/2019), gendar adalah makanan olahan nasi yang bertekstur kenyal. Gendar dibuat dari nasi dengan campuran bleng. Rasanya tawar atau sedikit asin yang sangat cocok disantap dengan sambal pecel.

Kini, penjual gendar pecel mulai sulit ditemukan. Penjual pecel biasanya tidak menyediakan gendar karena proses pembuatannya yang agak merepotkan. Kuliner tradisional Jawa Tengah ini biasanya dijual di pasar tradisional oleh orang tua. Kuliner yang satu ini dijual dengan harga yang relatif terjangkau, sekitar Rp3.000 hingga Rp8.000 per porsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya