Tutup Iklan

Gencar Operasi Yustisi, Masih Ada Saja Warga Wonogiri Tak Pakai Masker

Operasi yustisi penegakan disiplin dilaksanakan personel polsek bersama koramil di wilayah tugas masing-masing.

 Aparat Polsek dan Koramil Pracimantoro meminta warga memakai masker saat operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan di tepi jalan dekat gerbang Tempat Wisata Museum Karst Indonesia di Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Rabu (17/11/2021). (Istimewa/Polres Wonogiri)

SOLOPOS.COM - Aparat Polsek dan Koramil Pracimantoro meminta warga memakai masker saat operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan di tepi jalan dekat gerbang Tempat Wisata Museum Karst Indonesia di Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Rabu (17/11/2021). (Istimewa/Polres Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI—Polisi dan TNI di Kabupaten Wonogiri tetap intensif menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan, meski kasus terkonfirmasi positif Covid-19 melandai. Hasilnya, masih ada warga yang kedapatan tak memakai masker.

Kepala Seksi (Kasi) Hubungan Kemasyarakatan (Humas) Polres Wonogiri, AKP Suwondo, kepada Solopos.com, Kamis (25/11/2021), mengatakan operasi yustisi penegakan disiplin dilaksanakan personel polsek bersama koramil di wilayah tugas masing-masing. Operasi tidak hanya digelar di tempat-tempat publik, seperti pasar, tetapi juga di jalan dusun.

Petugas memberi peringatan kepada warga yang tak memakai masker. Jika tak membawa masker, petugas memberi mereka masker. Petugas menjaring sejumlah warga yang tak memakai masker.

Baca Juga: Puluhan Kendaraan Melawan Arus Jl. Jensud Wonogiri, Ini Jawaban Dishub

“Pencegahan penularan Covid-19 harus terus dilakukan, meski sekarang kasusnya melandai. Karena itu, polisi dan TNI terus menggelar operasi yustisi. Penegakan disiplin dilaksanakan dengan pendekatan humanis. Warga yang tak memakai masker diimbau agar selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah,” kata Suwondo mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto.

Operasi yustisi tersebut seperti dilaksanakan aparat Polsek dan Koramil Kismantoro di depan Puskesmas Kismantoro, Rabu (17/11/2021). Lima personel polisi dan TNI saat itu mendapati empat warga yang tak memakai masker. Saat ditanya mereka tak membawa masker. Petugas pun langsung memberi mereka masker.

Pada hari yang sama personel Polsek dan Koramil Jatisrono juga menggelar operasi yustisi. Kegiatan dilaksanakan di jalan penghubung Kecamatan Jatisrono-Jatiroto. Delapan personal dari Polsek dan Koramil Jatisrono menjalankan kegiatan sesuai tugas yang telah dibagi sebelumnya.

Baca Juga: Aksi di Patung Soekarno Boyolali, APPM: Hapus Kekerasan pada Perempuan

“Waktu itu ada lima warga yang terjaring operasi yustisi karena tak memakai masker. Petugas memberi mereka masker,” ujar Suwondo.

Kegiatan yang sama, lanjut dia, digelar aparat Posek dan Koramil Pracimantoro di hari itu. Tujuh petugas diterjunkan untuk menjaring warga yang tak disiplin menjalankan protokol kesehatan di tepi jalan dekat gerbang Tempat Wisata Museum Karst Indonesia di Pracimantoro.

Ada 11 warga yang terjaring. Mereka diberi teguran lisan dan diminta selalu mamakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Baca Juga: Anak Gugat Ibu Kandung, MUI Boyolali: Membentak Saja Dilarang

Suwondo menambahkan, aparat Polsek dan bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Jatipurno juga pernah membubarkan kegiatan hiburan yang digelar di tempat hajatan warga, Kamis (11/11/2021) lalu. Saat itu pelaksana hajatan diminta tak menggelar hiburan.

Berdasar Instruksi Bupati warga boleh menggelar hajatan, tetapi tanpa hiburan. Atas komunikasi yang baik, pelaksana hajatan bersedia mematuhi aturan. Hajatan berjalan lancar hingga akhir.

“Edukasi agar masyarakat selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan juga dilaksanakan melalui Operasi Zebra Candi 2021 yang dilaksanakan, 15-28 November 2021,” ujar Suwondo.

Baca Juga: Terdampak Tol Solo-Jogja, 6 Bidang Tanah di Guwokajen Belum Dibebaskan

Sebelumnya, Kapolres menyatakan Operasi Zebra Candi 2021 dilaksanakan tanpa penindakan penilangan. Petugas mengedepankan edukasi kepada pengguna jalan agar selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Petugas juga memberi edukasi pentingnya mematuhi aturan lalu lintas. Sejak Januari hingga Oktober 2021 lalu sudah ada 630 kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Peristiwa itu mengakibatkan 68 orang meninggal dunia dan 671 orang luka.


Berita Terkait

Espos Plus

Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

+ PLUS Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

Progres terbaru dari pembahasan RUU PDP adalah pembahasan format lembaga pengawas yang akan bertanggung jawab menangani perkara perlindungan data pribadi hingga kini belum final.

Berita Terkini

Habis Bongkar Madu, Sopir Truk Gunungkidul Meninggal di Karangpandan

Sopir truk asal Gunungkidul, DIY, mengeluhkan gejala seperti masuk angin saat menginap di Tawangmangu, Karanganyar, sesuai membongkar muatan madu. Ia kemudian meninggal tak lama setelahnya.

Dinilai Lebih Aman, PLN Solo Dorong Industri Akses Layanan Premium

PLN UP3 Solo mendorong industri mengakses layanan premium guna menjamin pasokan listrik yang minim gangguan.

PLN Solo: Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Bakal Terus Ditambah

PLN Solo berusaha mendorong terwujudnya ekosistem kendaraan listrik dengan terus menambah jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, UT Pionir Pembelajaran Jarak Jauh

Universitas Terbuka (UT) menjadi pionir perguruan tinggi yang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh di Indonesia

BIN Sisir Ampel Boyolali untuk Vaksin Warga dari Pintu ke Pintu

Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah (Jateng) kembali menggenjot vaksinasi di Kecamatan Ampel, Boyolali.

Wajib Dikunjungi, Kota Solo Ternyata Punya 18 Museum Lho

Dinas Kebudayaan Kota Solo meluncurkan gerakan wajib kunjung museum baik museum milik pemerintah maupun swasta, khususnya bagi pelajar.

Terjangkau, Segini Tarif Liburan di Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar

Desa Wisata Sumberbulu di Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar menawarkan beragam wisata komplet dengan tarif sangat terjangkau.

Keren, Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar Raih Juara I ADWI 2021

Desa Wisata Sumberbulu di Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar meraih Juara I kategori Suvenir dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dari Kemenparekraf.

7 Desa Wisata Jateng Meraih Penghargaan ADWI 2021, 2 dari Soloraya!

Ini daftar tujuh desa di Jawa Tengah (Jateng) yang memperoleh penghargaan pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Selamat! Desa Wisata Sangiran Sragen Raih Penghargaan Kategori Homestay

Desa Wisata Sangiran, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, berhasil meraih Peringkat 5 Kategori Homestay pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Waduh, 1 Ekskavator Tenggelam Sedalam 3 Meter di Rawa Jombor Klaten

Satu ekskavator yang beroperasi di Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, terguling dan tenggelam di kedalaman 3 meter.

Pernah Ada Kampung Belanda di Solo, Ini Lokasinya

Ternyata pernah ada Kampung Belanda di Solo, Jawa Tengah. Kira-kira di mana lokasinya ya, adakah yang tahu?

Ayam Goreng Mbok Berek, Pionir Warung Makan di Semarang

Usaha ayam goreng dinilai tak pernah ada matinya.

Polres Boyolali Salurkan Bantuan Logistik ke Korban Erupsi Semeru

Polres Boyolali mengirimkan bantuan logistik kepada para korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.