Gencar Menata Kota, Wali Kota Madiun Ajak Pemuda Dukung Pembangunan
Wali Kota Madiun, Maidi, menjadi pembicara dalam talkshow Peran Milenial di Masa Pandemi Covid-19 dalam Semangat Sumpah Pemuda secara virtual di gedung GCIO Kota Madiun, Jawa Timur, Selasa (20/10/2020). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN -- Pemerintah Kota Madiun kini sedang gencar-gencarnya membangun dan menata kota. Pembangunan kota tentunya perlu keterlibatan seluruh lapisan masyarakat, termasuk pemuda.

Untuk itu, Pemkot Madiun mengajak seluruh pemuda di Kota Pendekar ikut berpartisipasi dalam pembangunan dan penataan kota. Sehingga pembangunan kota bisa dirasakan oleh semua kalangan.

Hal itu disampaikan Wali Kota Madiun, Maidi, saat menyelenggarakan talkshow dengan tema Peran Milenial di Masa Pandemi Covid-19 dalam Semangat Sumpah Pemuda secara virtual di gedung GCIO Kota Madiun, Selasa (20/10/2020).

Fakta Menarik Suku Tengger, Suku yang Mendiami Dataran Gunung Bromo

Di hadapan sejumlah pemuda dan mahasiswa yang ikut dalam talkshow itu, orang nomor satu di Kota Madiun itu menuturkan warganya harus pintar dan memiliki skill. Hal ini karena Kota Madiun tidak memiliki lahan luas yang bisa digunakan untuk bercocok tanam. Sehingga jika sumber daya manusia-nya tidak berkompeten tentu akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Maidi menyampaikan saat ini Pemkot juga sedang membangun kawasan wisata baru di Taman Sumber Umis. Nantinya di kawasan ini akan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Dengan banyaknya warga yang datang tentu akan berdampak pada perputaran ekonomi.

“Pemkot saat ini sedang mengerem penularan Covid-19. Tetapi di sisi lain, Pemkot juga sedang membangun perekonomian. Karena sektor perekonomian ini tidak boleh lesu. Sehingga upaya-upaya meningkatkan ekonomi terus digas,” jelas dia.

Ngeri! Mantan Istri Caisar YKS Disantet, Medianya Bak Pocong

 

Peserta menyampaikan pertanyaan dalam talkshow Peran Milenial di Masa Pandemi Covid-19 dalam Semangat Sumpah Pemuda secara virtual di gedung GCIO Kota Madiun, Selasa (20/10/2020). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Peran Pemuda

Dalam pembangunan dan penataan ekonomi ini, Pemkot akan melibatkan peran pemuda. Keterlibatan pemuda ini juga sekaligus memberikan ruang supaya mereka bisa belajar dan mengeksplorasi kemampuan diri. Termasuk jiwa kewirausahaan mereka. Banyak peluang yang bisa digarap saat pembangunan kota semakin maju.

Maidi menyampaikan pihaknya juga menggunakan jasa dari tangan kreatif pemuda Madiun yang sedang meniti karier di Jakarta. Pemuda ini dilibatkan untuk mendesain penataan kota.

“Saya libatkan pemuda Madiun yang kini di Jakarta untuk ikut mendesain kota. Itu sangat luar biasa hebat,” jelas dia.

Lemak di Perut akan Hilang dengan Gerakan Olahraga Ini

Dalam talkshow itu, ada dua pembicara dari dunia akademis. Mereka yaitu Pakar Komunikasi Universitas Airlangga, Suko Widodo dan Rektor Unipma Parji.

Suko Widodo menyampaikan langkah yang dilakukan Pemkot Madiun sudah tepat. Langah itu yakni melibatkan kalangan muda untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan.

Menurutnya, kalangan muda memang perlu diberi ruang supaya bisa menyalurkan kontribusi terhadap daerah. “Anak muda itu jadi kunci pembangunan masa depan. Saya berharap ke depan semakin banyak kegiatan yang melibatkan kaum muda. Termasuk dalam hal perencanaan pembangunan dan meutuskan kebijakan,” jelas dia. (ADV)
Sering Dianggap Negatif, Melamun Ada Manfaatnya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom