Tutup Iklan

Genap Setahun di Liverpool, Klopp Tunjukkan Sihir

Genap Setahun di Liverpool, Klopp Tunjukkan Sihir

SOLOPOS.COM - Jurgen Klopp (Reuters/Lee Smith)

Jurgen Klopp resmi setahun menangani Liverpool.

Solopos.com, LIVERPOOL – Pada Sabtu (8/10/2016) kemarin, Jurgen Klopp genap setahun menangani Liverpool. Bagaikan dua orang yang sedang pacaran, Klopp merupakan tipe pendamping yang bisa mengubah pasangannya menjadi lebih baik dibanding sebelum dipertemukan pada Oktober 2015.

Entah bagaimana nasib Liverpool seandainya Klopp tidak didatangkan ke Melwood, markas Latihan Liverpool, pada Oktober tahun lalu. Kehadiran Klopp telah mengubah atmosfer tim asal Merseyside Merah itu. Pelatih berkacamata ini didatangkan dari Jerman dengan kondisi Liverpool yang sedang terpuruk bersama Brendan Rodgers.

Pria yang memiliki gaya tawa khas ini mewarisi tim yang nyaris tanpa motivasi. Namun hanya dalam kurun setahun, sihir Klopp sudah terlihat jelas. Sesuai statistik, tim berjuluk The Reds tersebut menjadi tim yang lebih tangguh, lebih cepat, dan lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

Bahkan The Reds tercatat sebagai tim yang paling rajin berlari di Liga Premier musim ini. Daya juang itu diperlihatkan para pemain Liverpool yang mengitari lapangan dengan jarak tempuh total 814,8 km. Mereka masih unggul dari pemuncak klasemen semenatra Manchester City besutan Josep “Pep” Guardiola dengan 803,9 km. Salah satu kegigihan Liverpool itu dipertunjukkan ketika menjelajah 111,8 km saat melumat Leicester City 4-1 pada 10 September 2016 lalu.

Permainan Adam Lallana cs. juga semakin gereget karena sprint yang mereka ukir selama di tangani Klopp. Liverpool telah membukukan 4.165 kali sprint, paling banyak dibandingkan tim-tim lain Liga Premier musim ini.

Klopp memperkenalkan startegi gegenpressing, menekan meski sedang tidak membawa bola, yang menjadi trade mark-nya sejak membesut Borussia Dortmund. Dailymail menyebut pressing tinggi Klopp dengan Liverpool merupakan ala leganda Italia, Arrigo Sacchi.

Klopp tidak sendiri dalam membenahi The Reds. Dia dibantu asistennya, Zeljko Buvac dan Peter Krawietz. Staf pelatih ini memakai komputer, dengan sebuah proyektor dan layar, untuk menjelaskan strategi meraih poin di kamar ganti pemain. Jadi jangan heran, Liverpool bisa bangkit meski tertinggal terlebih dahulu di  babak pertama ketika melawan Swansea City. Karena Daniel Sturridge dkk. sudah digembleng habis-habisan saat jeda turun minum.

Pendekatan yang dilakukan Klopp kepada para pemain Liverpool secara individu juga menarik perhatian. Bagaimana pelatih berjambang dan berkumis lebat ini kerap memeluk pemainnya satu per satu seusai laga. Dengan polesan Klopp, para pemain seperti Roberto Firmino, Emre Can, Adam Lallana, dan Dejan Lovren bisa berkembang dan lebih bepengaruh bagi tim asal Merseyside tersebut.

“Anda tidak pernah menemukan saya dalam tiga hari setelah kemenangan, mabuk di pagar tanaman dan masih merayakannya,” ujar Klopp beberapa saat lalu, seperti dilansir Liverpoolecho.co.uk, Sabtu (8/10/2016).

Begitulah cara Klopp membuat sosok yang selalu hangat bagi pemain, namun juga tidak terlalu lembek ketika memerintah anak buahnya untuk menekuk lawan. Figur dan kepribadiannya itu membuat para pemain The Reds rela “mati” demi manajer berusia 49 tahun itu saat mereka diterjunkan ke lapangan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kasus Covid-19 Klaten Meledak Hingga 125 Orang Sehari, Terbanyak Gantiwarno

Penambahan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten meledak sebanyak 125 kasus dalam sehari pada Jumat (18/6/2021).

Ini Perbedaan Gejala Virus Corona Varian Alpha, Beta dan Delta

Tiga varian corona yang saat ini sudah dikenal dunia memiliki gejala yang sedikit berbeda.

Prediksi Swedia Vs Slovakia: Potensi Kejutan Si Kuda Hitam

Laga Swedia kontra Slovakia ini diprediksi berlangsung ketat karena kedua tim punya modal bagus dari pertandingan pertama.

Ini Identitas 11 Penumpang Bus Sumber Selamat yang Luka

Bus Sumber Selamat dari arah timur menghindari truk peti kemas yang melintang di jalan akhrinya terguling ke sisi kiri jalan.

Waduh! Puluhan Dosen Dan Mahasiswa UNS Solo Terpapar Covid-19

Puluhan dosen dan mahasiswa UNS Solo terkonfirmasi positif Covid-19, ada yang isolasi mandidri ada juga yang dirawat di rumah sakit.

Kegiataan Keagamaan Dibatasi, Pengajian hingga TPA di Wonogiri Tak Boleh Digelar

Kemenag Wonogiri berharap kegiatan keagaamaan di Wonogiri seperti TPA dan pengajian ditiadakan terlebih dahulu mengingat kasus Covid-19 di Wonogiri tengah naik.

Pengusaha Tahu di Boyolali Terus Berinovasi

Pengusaha tahu di Dusun Kanoman, Desa Gagaksipat, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali kini terkendala harga kedelai yang makin mahal dan kesulitan mencari pekerja.

Siaran Langsung dan Live Streaming Euro 2020 Malam Ini

Grup D akan memainkan dua  laga yaitu Kroasia versus Republik Cheska dan Inggris melawan Skotlandia. Sementara satu partai Grup E mempertemukan Swedia dengan tim kejutan Slovakia.

Sempat Telantar, Pasien Covid-19 Ini Akhirnya Dijemput ke RSUD Sragen

Pasien positif Covid-19 asal Sragen Kulon yang sempat telantar dan dirawat sendiri oleh keluarganya akhirnya dijemput ke RSUD Sragen.

Mengenal Orang-Orang Arab di Israel

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu, 12 Juni 2021. Esai ini karya Ronny P. Sasmita, Direktur Eksekutif Economic Action (EconAct) Indonesia dan peminat tema-tema hubungan internasional.

Kisah Sukses Sepatu PVRA dan Dessert Box Bittersweet, Tak Sekadar Ikut Tren

Tak sekedar ikut tren, bisnis perlu adaptasi, konsistensi, dan kerja keras menjaga loyalitas customer agar bisnis terus bertahan.

Perjuangan Tim Pemulasaran Jenazah Covid-19 Karanganyar, Terseok-Seok Terjang Medan Terjal

Tim pemulasaran jenazah Covid-19 BPBD Karanganyar bercerita pengalaman saat harus melewati medan terjal saat hendak melakukan proses pemakaman.