SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Gempa berkekuatan 7,2 SR yang terjadi di barat daya Meulaboh, Aceh, sempat mengejutkan warga. Gempa terjadi akibat penunjaman lempeng di dasar laut.

Hal tersebut seperti yang dijelaskan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, Minggu (9/5).  “Penyebab gempa di sebelah barat wilayah NAD adalah penunjaman lempeng Indo-Australia ke bawah eurasia,” ungkapnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Karena titik gempa terbilang dalam, maka kecil kemungkinan menimbulkan tsunami. “Gempa ini tidak menimbulkan tsunami walaupun energinya besar. Sumber gempa yang dalam kecil kemungkinan menyebabkan dislokasi bawah laut yang dapat menyebabkan tsunami,” imbuhnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sumber gempa berada di kedalam 30 kilometer, sementara USGS mencatat sumber gempa berada di kedalaman 60 kilometer. “Gempa ini berpotensi dirasakan meluas,” tutup Surono.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya