SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Gempa Pakistan dan Afghanistan berkekuatan 7,5 SR.

Solopos.com, ISLAMABAD — Timur Laut Afghanistan dan Pakistan bagian utara diguncang gempa berkekuatan 7,5 Skala Richter, Senin (26/10/2015). Dalam bencana alam tersebut, setidaknya lebih dari 200 orang tewas.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Sebagaimana dilaporkan Reuters, Selasa (27/10/2015), pejabat setempat memperkirakan jumlah korban tewas di gempa 7,5 SR tersebut akan terus bertambah.

Gempa 7,5 SR itu berpusat di 245 km sebelah timur laut dari Kabul, Provinsi Badakhshan, Afghanistan dengan kedalaman 213 km, di area terpencil Pegunungan Hindu Kush.

Gelombang gempa ini terasa hingga di New Delhi, India. Akibat hal tersebut, masyarakat di New Delhi berlarian. Beruntung, di India tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Kami sangat takut. Kami lihat orang-orang keluar gedung dan kami ingat Allah,” kata jurnalis Pakistan Zubair Khan melalui sambungan telepon di Lembah Swat Barat Laut, Islamabad, sebagaimana dilansir Reuters.

Sebelumya, United States Geological Survey (USGS) atau Badan Survei Geologi Amerika Serikat, sempat mencatat kekuatan gempa adalah 7,7, kemudian merevisi datanya dengan 7,6 dan 7,5 SR.

Hingga berita ini diturunkan, ada sekitar 50 orang tewas di Afghanistan. Sementara di Pakistan, kepala Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Amer Afaq, menyatakan sekitar 167 orang teridentifikasi tewas.

Sedangkan juru bicara Asim Bajwa di Pakistan mengatakan jumlah korban luka-luka sekitar 1.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya