SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa bumi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Gempa kembali terasa di wilayah Gunungkidul, Senin (14/7/2014). Warga pun sempat panik.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis data  gempa yang terjadi memiliki kekuataan 5,6 Skala Richter di kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa terjadi di  9.06 Lintang Selatan, 111.24 Bujur Timur (104 kilometer Tenggara Pacitan-Jatim). Gempat terjadi pada pukul 12.05 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari pantauan Harian Jogja, di Desa Kepek, Wonosari ketika gempa terjadi beberapa warga tampak berlarian ke luar rumah. Beberapa dari mereka terdengar berteriak “Gempa, gempa!”. Ada anak kecil yang menangis karena ketakutan.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepanikan juga terjadi di Desa Girisekar, Panggang. Salah satu warga Suwarno mengaku sangat merasakan gempa. Suwarno mengatakan warga pun sempat panik ketika terjadi gempa. Namun warga tidak sampai berhamburan keluar  rumah.

“Warga hanya teriak lindu, lindu! [gempa, gempa]” ungkap dia.

Getaran juga sangat terasa di Sawah Lor, Banyusoca, Playen. Murgiyanto mengaku getaran gempa yang sangat terasa membuat warga panik.

Getaran juga dirasakan di pesisir selatan. Koordinator Search And Rescue (SAR) Satlinmas Korwil II Marjono mengaku keadaan terkendali. Meskipun terasa getaran gempa, namun tidak sampai membuat warga panik.

“Semua melakukan aktivitas seperti biasa. Pantai Selatan aman dan tidak ada laporan kerusakan,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya