Tutup Iklan

GEMPA PACITAN : 2 Hari, 2 Kali Pacitan Diguncang Gempa

 Ilustrasi gempa (google/kabartop.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa (google/kabartop.com)

Gempa Pacitan, selama dua hari berturut-turut, Pacitan diguncang gempa dengan kekuatan 3,9 SR dan 6,5 SR.

Madiunpos.com, PACITAN — Gempa tektonik mengguncang Pacitan sebanyak dua kali dalam dua hari berturut-turut dengan kekuatan masing-masing 3,9 skala Richter dan 6,5 skala Richter.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, gempa berkekuatan 3,9 SR mengguncang Pacitan pada Selasa (18/10/2016) sekitar pukul 23.23 WIB. Gempa bumi berada di kedalaman 10 km dan berlokasi 203 km selatan Pacitan.

Sedangkan gempa tektonik dengan kekuatan 6,5 SR berpusat di Subang, Jawa Barat pada Rabu (19/10/2016) sekitar pukul 07.25 WIB. Meski berpusat di Subang, gempa itu dirasakan warga Pacitan dengan getaran cukup kuat.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan, Ratna Budiono, mengatakan data yang diperoleh dari Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II Ciputat menyebutkan gempa yang mengguncang Subang, Jawa Barat, itu terjadi pada pukul 07.25 WIB dengan kekuatan 6,5 SR dan episenter terletak pada koordinat 5.29 LS dan 108.00 BT pada kedalaman 654 km.

Dia mengatakan peta tingkat guncangan dirasakan di daerah Pacitan, Laingping, Citeko, Bogor, Lembang, Pelabuhan Ratu, Bantul, Trenggalek, Cilacap, Bantul, Liwa, Padang, dan Kepahiang dalam skala intensitas I-II SIG-BMKG atau (II-III MMI).

Masyarakat diminta agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Dilihat dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dalam akibat aktivitas sesar/subdukasi dalam lempeng.

“Khusus masyarakat di daerah pesisir utara Jawa diimbau tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” kata dia.

Peristiwa gempa bumi yang berpusat di Subang itu dirasakan sejumlah warga Pacitan dan menjadi obrolan di grup Facebook Obrolane Wong Pacitan, Rabu pagi. Akun Facebook Amelya Ananda Sinta, sekitar pukul 08.00 WIB, mengunggah informasi di grup tersebut Pacitan diguncang gempa bumi. “Sek ngantuk malah digoyang gempa,” tulis dia.


Berita Terkait

Berita Terkini

Alumni ISI Solo Gelar Konser Karawitan di Taman Budaya Jawa Tengah

rangkian acara Pameran Seni Rupa dan Pertunjukan Alumni Institut Seni Indonesia (ISI) Solo

3 Pemuda Boyolali Hendak Basmi Klitih Bak Hero, Malah Begini Nasibnya

Sebanyak 3 pemuda Boyolali, Jateng, yakni AA, 18, MAT, 18, dan AAT, 19, ditangkap polisi karena nekat membawa sajam, tetapi mereka mengaku akan menggunakan sajam untuk membasmi klitih.

Ikatan Cinta 30 November 2021: Andin Gak Boleh Dekat Reyna, Al Gimana?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Selasa, 30 November 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Mahasiswa Fakultas Hukum dan Bisnis UDB Solo Kunjungi Griya Solopos

Sejumlah mahasiswa Prodi S1 Akuntansi dan Bahasa Inggris, Fakultas Hukum dan Bisnis, Universitas Duta Bangsa (UDB) Solo berkunjung ke Griya Solopos, Kamis (25/11/2021).

Misteri Gunung Tidar: Pakunya Tanah Jawa

Gunung Tidar yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, diyakini sebagai paku bumi Tanah Jawa.

Tanggul Sungai Dawe Jebol, Rumah dan Jalan di Kudus Terendam Banjir

Tanggul jebol sepanjang 15 meter dan tinggi sekitar satu meter akibat intensitas hujan yang tinggi

Kerajaan Mataram Islam di Balik Asale Tanah Jawa

Kerajaan Mataram Islam memiliki  peninggalan bersejarah yang menjadi bagian dari kisah tanah Jawa yang tidak terlupakan.

Jateng Belum Berniat Tutup Tempat Wisata saat Libur Nataru

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng belum berencana menutup destinasi wisata di wilayahnya saat libur akhir tahun atau Nataru nanti.

Gibran Jamin Keamanan Mahasiswa Papua Belajar di Solo

Selain menjamin Kota Solo aman ditinggali mahasiswa asal Papua, Gibran Rakabuming Raka juga menyebut Kota Bengawan layak dijadikan tujuan belajar mengingat biaya hidup yang murah dan lokasinya yang strategis.

Pilih Aneka Ayam Panggang Hanya di I Am In Love

Menu I Am In Love ini dikemas dalam aneka menu nasi boks yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Tolak Hadiah Sepeda Bupati Sragen, Siswa SD Justru Minta Bus Remote

Seorang siswa SD menolak hadiah sepeda yang ditawarkan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dan memilih hadiah bus remote dengan spesifikasi khusus.

Dua Pekan Operasi Zebra Candi 2021, 605 Kecelakaan Terjadi di Jateng

Ditlantas Polda Jateng mencatat selama dua pekan pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022 terdapat 605 kejadian kecelakaan di Jateng, dengan jumlah korban meninggal mencapai 31 orang.

Gak Menang Aja Dapat Hadiah, Yakin Tak Mau Ikut Lomba Astra Ini?

Yuk ikuti Lomba Foto Astra 2021 dengan beragam hadiah menarik. Tenang, yang enggak menang juga dapat hadiah kok!

Tangkap Penabrak Polisi, Polres Metro Malah Buka Sindikat Internasional

Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakpus berhasil mengungkap dan menangkap 3 orang sindikat narkoba jaringan internasional setelah berhasil menangkap penabrak polisi.

Pengin Jadi Anggota Banser Seperti Erick Thohir, Begini Hlo Caranya!

Begini hlo cara dan syarat menjadi anggota Banser seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Erick Thohir!