SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gempa Bumi (Solopos)

Solopos.com, WONOGIRIGempa berkekuatan Magnitudo 6,1 mengguncang Pulau Jawa dengan pusat di barat daya Pacitan, Jawa Timur, Kamis (8/6/2023) pukul 00.04 WIB atau hanya empat menit selepas tengah malam.

Getaran gempa terasa cukup kencang di berbagai wilayah Pulau Jawa, bahkan guncangan disebut terasa sampai wilayah Pantura. Di Wonogiri yang berbatasan langsung dengan Pacitan, getaran gempa terasa di seluruh wilayah dari timur sampai ke barat.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Di kolom komentar unggahan akun Instagram @repostwonogiri, warga dari berbagai kecamatan menginformasikan dampak gempa tersebut.

“Aku yang di Baturetno kerasa buanget, Mana lama pula,” tulis salah satu warganet dengan nama akun @rahayukinanthi1.

“wonogiri digoyang,” timpal pengguna akun @r44ksss.

“Purwantoro banter polllllll,” tulis @mutia_refy.

“Nganti ngewel min,, kismantoro horeg tenan,” komentar pengguna akun @pindhut8.

“betal [Nguntoronadi] koyo digoyang,” tulis @ptrnov0311.

“Eromoko suwe n buanterr min .. mengkis tenan lgsg gendong anakku…” tulis @itapurwasuwita.

“Giriwoyo full gemeteran karo bingung bukak pintu,” tulis @wahyuws_set.

Informasi dari BMKG melalui akun Twitter @infoBMKG, pusat gempa bermagnitudo 6,1 itu berada di laut 117 km barat daya Pacitan, Jawa Timur. Lokasi tepatnya di 9.15 Lintang Selatan (LS) dan 110.69 Bujur Timur (BT).

Gempa yang berpusat di kedalaman 10 km tersebut tidak berpotensi tsunami. Namun, BMKG terus memperbarui informasi terjadinya gempa susulan dengan pusat di barat daya Pacitan. Tercatat ada tiga kali gempa susulan dengan magnitudo lebih kecil hingga pukul 01.00 WIB.

Gempa susulan pertama pada pukul 00.21 WIB dengan magnitudo 3,4 di kedalaman 14 km. Kedua pada pukul 00.36 WIB dengan magnitudo 3,5 di kedalaman 10 km.

Gempa susulan ketiga terjadi pada pukul 00.49 WIB dengan magnitudo 3,5 di kedalaman 19 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya