SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gempa Bumi (Solopos)

Solopos.com, PACITAN — Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,0 yang berpusat di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, terjadi pada Kamis (8/6/2023) pukul 00.04 WIB. Getaran dari gempa bumi terasa cukup keras di berbagai daerah.

Pusat gempa bumi ini berada di laut 117 kilometer barat daya Pacitan. Lokasi gempa ini berada tepat di 9.15 Lintang Selatan, 110.69 Bujur Timur di kedalaman 10 kilometer.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut data BMKG, gempa ini terasa hingga Kota Jogja, Kota Solo, Semarang, Jepara, Ponorogo, Nganjuk, Madiun, Demak, Sukoharjo, dan daerah lainnya.

Seorang warga Madiun, Mahesa, mengaku merasakan getaran gempa cukup terasa. Bahkwan waktu gempanya terbilang cukup lama, sekitar 60 detik.

“Sangat terasa sekali. Tadi saya sama lima orang sedang ngobrol. Itu merasakan getaran cukup lama,” kata dia kepada Solopos.com.

Mahesa menuturkan gempa juga mengakibatkan lampu-lampu rumah pada goyang dengan durasi cukup lama.

“Tadi saat gempa, kelelawar yang ada di pohon pada terbang, karena pohonnya juga ikut gerak,” ujar dia.

Gempa bumi yang berpusat di laut Pacitan ini juga dirasakan oleh warga Solo, Mariyana. Dia mengaku merasakan getaran gempa sekitar 30 detik. Bahkan AC yang ada di rumahnya juga ikut bergetar.

“Posisinya AC itu ada di atas jendela, jadi saat ada gempa, itu bergetar semua,” kata dia.

Getaran gempa juga dirasakan warga di Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Abu Nadhif. Dia juga merasakan getaran yang cukup kencang.

“Kursi di rumah sampai mundur sendiri, padahal saat itu diduduki. Saya kira ditendang anak, ternyata itu tadi gempa,” ujar dia.

Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Namun, masyarakat diimbau untuk mewaspadai adanya gempa bumi susulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya