SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (29/6/2019) siang. Gempa yang terjadi sekitar pukul 13.47 WIB berlangsung hanya dalam waktu hitungan detik.

Kendati demikian, fenomena alam itu cukup membuat warga sekitar Cilacap panik. Warga bahkan sempat berhamburan keluar rumah karena dilanda gempa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Iya tadi, [gempa] cuma sebentar. Tapi, cukup mengagetkan dan membuat waswas. Banyak warga yang lari keluar rumah karena gempa,” ujar seorang warga Gumilir, Cilacap, Eko Supriyanto, kepada Semarangpos.com, Sabtu.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, membenarkan terjadinya gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 5,3 di Cilacap.

Titik gempa bumi atau episenter terletak pada koordinat 8,58 LS dan 108,88 BT atau tepatnya di laut pada jarak 95 kilometer (km) selatan Kota Cilacap, pada kedalaman 61 km.

“Gempa bumi ini disebabkan aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi dibangkitkan oleh deformasi batuan dan mekanisme pergerakan kombinasi mendatar-turu [oblique normal],” terang Setyoajie kepada Semarangpos.com.

Setyoajie menambahkan gempa bumi itu tak hanya dirasakan warga Cilacap. Guncangan juga dirasakan warga yang berada di Bantul, Yogyakarta, Pacitan, Jawa Timur, dan Pangandaran, Jawa Barat.

“Belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi itu. Gempa bumi itu juga tidak berpotensi menyebabkan tsunami,” ujar Setyoajie.

Setyoajie juga menyatakan jika gempa bumi itu tidak berpotensi kembali terjadi atau tidak ada gempa susulan. Ia pun mengimbau warga untuk tetap tenang dan tidak panik, serta memercayai informasi yang diberikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya