SOLOPOS.COM - Gunung Merbabu (Foto: Geocities.com)

Solopos.com, UNGARAN—Pemkab Semarang  telah memberi bantuan kepada warga Sumogawe, Getasan, Kabupaten Semarang yang menjadi korban gempa di lereng Gunung Merbabu.

Wakil Bupati (Wabup) Semarang, Warnadi membenarkan terjadinya gempa di Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang yang berada di lereng Gunung Merbabu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Benar terjadi gempa di sana [lereng Gunung Merbabu] dengan kekuatan 2,7 skala Richter,” katanya ditemui wartawan saat mengikuti acara di Pabrik Sidomuncul di Ungaran, Selasa (18/2/2014).

Hanya saja, lanjut dia, titik episentrum atau pusat gempa belum diketahui tepatnya berada di wilayah mana.

“Kami melakukan koordinasi dengan Pihak Balai Penyelidikan dan Pengembangan Tekonogi Kebencanaan Geologi [BPPTKG] untuk menyelidiki pusat gempa,” ungkapnya.

Akibat gempa itu, kata Wanardi mengakibatkan tujuh rumah warga setempat rusak berat, sedang, dan ringan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya rusak.

“Bantuan telah diberikan sesuai dengan kebutuhan warga, rumah yang rusak akan diperbaiki,” tandasnya.

Mengenai nilai kerugian, Wabup menyatakan belum bisa diketahui, karena masih dilakukan pendataan dan inventarisasi kerusakan. Wanardi menambahkan pihaknya belum mengambil langkah untuk mengungsikan dan merelokasi warga Desa Sumogawe.

“Warga Sumogawe belum diungsikan, menunggu perkembangan lebih lanjut. Bila nantinya membahayakan masyarakat akan di evakuasi,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng, Sarwa Pramana, menyatakan dari hasil monitoring Gunung Merbabu masih dalam kondisi aman. “Suara dentuman yang terjadi Senin lalu bukan berkaitan dengan getaran gempa dari Gunung Merbabu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya