SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa bumi (@infoBMKG)

Gempa Jogja dilaporkan terjadi Jumat (18/11/2016)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Gempa berkekuatan 5,3 skala richter yang mengguncang wilayah Gunungkidul pada Jumat (18/11/2016) sekitar pukul 9.19 WIB sempat membuat masyarakat panik. Kejadian gempa ini bukan yang pertama kali, sebab di November ini sudah terjadi empat kali gempa yang berpusat di wilayah Gunungkidul.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi yang dihimpun Harianjogja.com, meski goncangan gempa begitu kuat terasa, namun kejadian tersebut tidak sampai terjadi kerusakan. Hingga berita ini diturunkan, tidak ada satu pun laporan yang masuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gunungkidul tentang kerusakan atau pun korban luka.

Ekspedisi Mudik 2024

Kendati demikian, efek gempa yang terjadi kemarin sempat membuat masyarakat panik dan berhamburan keluar ruangan. Salah seorang warga Playen, Gunungkidul Suharjono mengatakan, saat kejadian ia sedang berada di rumah sakit di Kecamatan Karangmojo. Seketika itu juga dirinya langsung keluar ruangan untuk menyelamatkan diri. “Begitu terasa getaran, saya langsung keluar,” katanya.

Menurut dia, getaran gempa sangat terasa dan sempat membuat warga menjadi panik. Hanya saja, setelah kondisi dirasa aman maka aktivitas berjalan seperti sedia kala. “Begitu aman, saya juga langsung masuk ke rumah sakit,” katanya.

Hal yang sama disuarakan oleh salah seorang guru di SD Wonosari, Bayu Prihartanto. Sesaat setelah terjadi gempa, ia pun langsung menginstruksikan murid-murid untuk keluar ruangan. Tujuannya untuk memastikan kondisi aman dan menghindarkan bahaya. “Langsung spontan dan murid-murid pun berhamburan keluar ruangan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya