SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa bumi (JIBI/Solopos/Antara)

Gempa Halmahera Barat diisukan bakal diikuti gempa besar susulan. Namun BNPB memastikan informasi itu sesat alias hoax.

Solopos.com, JAKARTA — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat agar tidak panik dan mempercayai informasi bahwa bakal ada gempa besar susulan dan tsunami yang mengguncang Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan informasi tersebut menyesatkan. “Hingga saat ini masih beredar informasi yang menyesatkan bahwa akan ada gempa besar susulan dan tsunami sehingga masyarakat resah. Masyarakat tidak perlu panik,” tuturnya seperti siaran pers yang diterima Bisnis/JIBI, Rabu (25/11/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurutnya akibat informasi yang menyesatkan tersebut, menyebabkan beberapa warga menyelamatkan diri ke hutan. Pihaknya menyarankan untuk menghubungi BPBD setempat guna mendapatkan informasi yang akurat.

Menurutnya tipe gempa di Halmahera Barat adalah tipe swarm yaitu gempa dengan magnitudo kecil yang berlangsung terus menerus tanpa ada gempa besar. “Adanya gempa-gempa kecil [di bawah 5 SR] dengan kedalaman dangkal menyebabkan guncangan keras. tetapi lokal. Jadi, kecil kemungkinan terjadi gempa yang besar untuk saat ini,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya