SOLOPOS.COM - Ilustrasi berniat puasa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Gempa bumi mengguncang wilayah Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023). Sebagai umat Islam, bisa mengirimkan doa untuk korban gempa bumi di Turki maupun Suriah.

Gempa dengan kekuatan 7,8 Magnitudo itu membuat ribuan nyawan melayang. Pada Selasa (7/2/2023), 2.379 korban ditemukan di Turki dan 1.444 korban meninggal dunia di Suriah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Peningkatan jumlah korban gempa bumi di Turki itu tidak hanya terjadi pada kasus meninggal dunia, tetapi juga pada kasus luka-luka. Berdasarkan laporan terakhir yang disampaikan, jumlah korban luka-luka naik menjadi 14.483 korban di Turki dan 3.532 lainnya di seluruh wilayah Suriah.

Sebagai umat muslim, bisa mendoakan para korban bencama alam gempa bumi Turki tersebut dengan membaca doa berikut ini yang dijelaskan oleh KH Abdul Karim, pengasuh Pondok Pesantren Al-Qur’an Azzayadi Solo yang tayang di situs resmi Nahdlatul Ulama, NU online.

Allaahumma innii asaluka khairaha wa khaira maa fiihaa, wa khaira maa arsalta bihi, wa a’uudzubika min syarrihaa, wa syarri maa fîhaa wa syarri maa arsalta bihi.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.

Selain itu, untuk mendoakan korban gempa bumi di Turki bisa juga membaca doa berikut ini, yang Solopos.com kutip dari situs resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Rangkaian Doa untuk Korban Gempa di Turki

Inaa lillahi wainnaa ilaihi raaji’uun. Allahumma`jurnii fii mushiibati wa akhlif lii khairan minhaa.

Artinya: Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan akan kembali kepada Allah. Ya Allah, berilah kami pahala karena musibah ini dan tukarlah bagiku dengan yang lebih baik daripadanya.

Bismillahirrahmanirrahim wala haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang Mahapengasih dan Mahapenyayang. Tiada daya dan kekuatan (bagi kami) melainkan hanya dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

Tercantum dalam Al-Qur’an bahwa Nabi Musa memanjatkan doa ketika kaumnya tertimpa bencana gempa bumi, yang juga bisa dibacakan untuk korban di Turki dan Suriah.

Rabbi lau syi’ta ahlaktahum min qablu wa iyyaya, atuhlikunaa bimaa fa’alas-sufahaau minnaa, in hiya illa fitnatuka tudhillu bihaa man tasyaau wa tahdhi man tasyaa, anta waliyyuna faghfir lanaa warhamnaa, wa anta khairul-ghaafirin, waktub lanaa fiii haadzihid-dunya hasanatan wa fiil-akhirat inna hudna ilaika.

Artinya: Ya Tuhanku, jika Engkau kehendaki, tentulah Engkau membinasakan mereka dan aku sebelum ini. Apakah Engkau akan membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang akal di antara kami? Itu hanyalah cobaan dari-Mu. Engkau menyesatkan siapa yang Engkau kehendaki dengan cobaan itu dan Engkau memberi petunjuk siapa yang Engkau kehendaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya