SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Gempa bumi mengguncang wilayah utara Ottawa, Kanada. Ribuan orang berlarian dari kantor-kantor mereka. Getaran gempa berkekuatan 5 Skala Richter itu juga terasa hingga ke New York City, Amerika Serikat.

Gempa berkekuatan sedang itu menyebakan kerusakan yang relatif kecil. Namun akibat gempa, sebuah jembatan ambruk di Bowman, Quebec dekat pusat gempa. Tak ada korban dalam peristiwa ini. Gempa ini sempat menimbulkan kepanikan warga Ottawa. Sebab gempa bumi jarang terjadi di Kanada apalagi dengan getaran yang cukup luas seperti gempa kali ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut saksi mata, gempa juga menggoyang gedung-gedung di Toronto dan Montreal. Gempa berlangsung antara 25 dan 30 detik di Ottawa. Gempa itu menyebabkan alarm kebakaran di gedung-gedung berbunyi. Bahkan banyak gedung di pusat kota Ottawa sempat dikosongkan, termasuk gedung parlemen.

“Tiba-tiba saja tempat ini mulai bergetar. Seseorang berteriak ‘keluar’ dan kami berlarian. Semua bergerak-gerak,” kata Senator Art Eggleton kepada wartawan. “Beberapa kolega saya yang pernah merasakan gempa di sini sebelumnya, mengatakan bahwa ini yang terparah,” tuturnya seperti dilansir kantor berita Reuters, Kamis (24/6).

Menurut badan Survei Geologi AS, gempa tersebut merupakan gempa dangkal. Kedalamannya hanya sekitar 18 kilometer dan berpusat sekitar 53 kilometer sebelah utara Ottawa.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya