SOLOPOS.COM - Ilustrasi (@infogempaa)

Gempa bumi yang berpusat di barat daya Bantul malam ini dirasakan dua kali oleh warga setempat.

Solopos.com, BANTUL — Gempa yang mengguncang Bantul dan sekitarnya, Rabu (11/11/2015) pukul 18.45 WIB terjadi hingga dua kali. Warga Bantul dan Gunungkidul sempat panik meskipun tak ada laporan kerusakan akibat gemoa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sesaat setelah gempa, warga yang tinggal di beberapa wilayah di Bantul hingga Gunungkidul berhamburan ke luar rumah. Trauma gempa besar yang pernah terjadi di wilayah Bantul dan sekitarnya pada 2006 lalu membuat mereka panik.

Anang, warga Desa Selopamioro adalah salah satunya. Ia mengaku merasakan gempa cukup besar ketika tengah menyaksikan televisi bersama anak dan istrinya. Gempa pertama terasa sedikit lebih kecil dibanding yang kedua.

Saat merasakan gempa yang pertama, dia langsung berlari ke luar rumah. Saat berada di teras rumah, gempa ternyata lebih terasa. Dari teras rumahnya itu pula ia melihat keluarga dan tetangganya berlarian ke luar rumah ke tengah jalan yang merupakan akses menuju ke Kecamatan Panggang Kabupaten Gunungkidul. “Besar sekali, dua kali terasa,” tutur Anang.

Tak jauh berbeda, Titik, warga Dusun Terong 2, Kecamatan Dlingo mengaku warga di sekitar rumahnya juga langsung berlarian ke luar rumah. Ia pun mengaku merasakan guncangan yang cukup besar. “Trauma kejadian dulu, kami spontan keluar rumah,” katanya.

Kepanikan kian menjadi ketika ia mendengar beberapa warganya memukul kentongan titir tanda bahaya. Setidaknya, hingga 15 menit lamanya warga masih di luar rumah dan panik jika seandainaya terjadi gempa susulan. “Takut kalau ada gempa lagi,” imbuhnya.

Saat dihubungi, salah satu Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Yohanes, menuturkan berdasarkan info dari Badan Metereologi Geofisikan gempa sebesar 5,6 SR ini berpusat di barat daya Bantul. Gempa cukup besar ini tidak berpotensi tsunami, dan hingga berita ini diturunkan belum ada laporan kerusakan.

Akun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyebutkan kedalaman gempa 93 km dan magnitudnya 5,6 SR, berpusat di 110 km di barat daya Bantul. “Info Gempa Mag:5.6 SR, 11-Nov-15 18:45:25 WIB, Lok:8.97 LS,110.19 BT (120 km BaratDaya Bantul-DIY), Kedlmn:93 Km ::BMKG.”

Namun beberapa saat kemudian, BMKG merevisi pusat gempat terletak di 120 km barat daya Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya